Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Komunikasi Interpersoal terhadap Kepuasan Perkawinan Isteri pada Usia Perkawinan Kurang dari 5 Tahun

Mardika Aisyiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Aisyiyah, Mardika. 2012. Hubungan Komunikasi Interpersoal terhadap Kepuasan Perkawinan Isteri pada Usia Perkawinan Kurang dari 5 Tahun. Skripsi, Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti M.Si (II) Ninik Setyowati S.Psi M.Psi

 

Kata Kunci : komunikasi interpersonal, kepuasan perkawinan.

 

Komunikasi interpersonal merupakan salah satu faktor penentu kepuasan perkawinan. Usia perkawinan kurang dari 5 tahun rentan dengan konflik, hal ini dikarenakan kurangnya penyesuaian dan pengalaman hubungan interpersonal yang belum banyak. Komunikasi merupakan faktor utama yang rentan menyebabkan konflik dalam perkawinan selain penghasilan, anak, orang ketiga, seks, kenyakinan, mertua dan ragam perbedaan. Setiap pasangan suami isteri yang usia perkawinannya kurang dari 5 tahun pasti mendambakan kepuasan dalam perkawinannya, ini dapat tercapai jika komunikasi interpersonal mereka berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersoal terhadap kepuasan perkawinan isteri pada usia perkawinan kurang dari 5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui Komunikasi Interpersonal isteri pada usia perkawinan kurang dari 5 tahun. 2) Untuk mengetahui Kepuasan Perkawinan isteri pada usia perkawinan kurang dari 5 tahun. 3) Mengetahui hubungan komunikasi interpersonal terhadap kepuasan perkawinan isteri pada usia perkawinan kurang dari 5 tahun.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) degan menggunakan 40 orang sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan skala komunikasi interpersonal dan skala kepuasan perkawinan dengan metode Likert. Analisis korelasional menggunakan analisis product moment dengan menggunakan program SPSS for windows 16.0 (Statistic for Social Science).

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal isteri pada usia perkawinan kurang dari 5 tahun pada kategori rendah dengan persentase 40%. Sedangkan kepuasan perkawinan isteri pada usia perkawinan kurang dari 5 tahun juga berada pada kategori rendah dengan persentase 40%. Hasil analisis r=0,780 dengan Sig 0,000 < 0,050, menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal mempunyai hubungan positif dengan kepuasan perkawinan isteri pada usia perkawinan kurang dari 5 tahun. Sehingga bila komunikasi interpersonal tinggi maka kepuasan perkawinan juga tinggi.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat pengetahuan bagi isteri yang usia perkawinannya kurang dari 5 tahun agar mampu meningkatkan komunikasi iterpersonalnya terhadap suaminya sehingga diperoleh kepuasan perkawinan yang tinggi.Selain itu diharapkan bagi peneliti lain, agar dapat memperluas penelitian ini dengan menggunakan rancangan penelitian yang berbeda, seperti eksperimen dan untuk meneliti dengan variabel lain yang dapat berpengaruh pada kepuasan perkawinan.