Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Ufitri Dwi Restiny

Abstrak


ABSTRAK

 

Restiny, Ufitri Dwi. 2012. Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Fattah Hidayat, S.E, S.Psi, M.Si, (II) Diyah Sulistiyorini S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci : konsep diri, kecemasan berbicara.

 

Mahasiswa yang akan berbicara di depan umum atau banyak orang sering kali  mengalami  kecemasan  yang  dapat  dirasakan  melalui  gejala-gejala  yang muncul  dari  aspek  fisik,  psikologis,  dan  perilaku.  Tinggi  rendahnya  kecemasan mahasiswa  dalam  berbicara  di  depan  umum  dipengaruhi  oleh  konsep  diri  yang dimiliki. Konteks konsep diri itu sendiri mencakup gambaran siapa dirinya, siapa seharusnya dirinya, dan siapa kemungkinan dirinya.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan konsep diri mahasiswa FPPsi UM, (2) mendeskripsikan kecemasan kecemasan berbicara di depan umum mahasiswa  FPPsi  UM,    (3)  mengetahui  hubungan  antara  konsep  diri  dan kecemasan berbicara di  depan umum pada mahasiswa FPPsi UM.

Penelitian  ini dilaksanakan  dengan  desain  deskriptif  korelasional.  Populasi  pada  penelitian  ini adalah mahasiswa FPPsi UM. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling. Data  penelitian  diambil  dengan menggunakan  dua  skala  yaitu  skala  konsep  diri dan skala kecemasan berbicara di depan umum.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  11%  mahasiswa  memiliki  konsep diri  dengan  kualifikasi  tinggi,  81%  mahasiswa  memiliki  konsep  diri  dengan kualifikasi  sedang  dan  8% mahasiswa memiliki  konsep  diri  dengan  kualifikasi rendah. Sebanyak 15% mahasiswa memiliki kecemasan dengan kualifikasi tinggi, 75%  siswa memiliki  kecemasan  dengan  kualifikasi  sedang  dan  10% mahasiswa memiliki kecemasan dengan kualifikasi  rendah dalam berbicara di depan umum.

Hasil  analisis  korelasional  Pearson menunjukkan  ada  hubungan  yang  signifikan antara konsep diri dan kecemasan berbicara di depan umum (rxy = - 0,605; sig = 0,00