Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATION DAN SELF EFFICACY DENGAN PROKRASTINASI PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA JURUSAN DISKOMVIS DI UNIVERSITAS NEGERI MALANGABSTRAK Kulum, Nurul. 2012. Hubungan Antara Self Regulation dan Self Efficacy dengan Prokrastinasi

Nurul Kulum

Abstrak


ABSTRAK

 

Kulum, Nurul. 2012. Hubungan Antara Self Regulation dan Self Efficacy dengan Prokrastinasi Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Jurusan Diskomvis di Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si, (II) Ninik Setyowati, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci : Self Regulation, Self Efficacy, Prokrastinasi

 

Mahasiswa dituntut untuk menggunakan waktu dengan seefektif mungkin, namun sampai sekarang masih banyak dijumpai mahasiswa yang menunda-nunda untuk meyelesaikan skripsi tepat waktu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self regulation dengan prokrastinasi, hubungan self efficacy dengan prokrastinasi dan hubungan antara self regulation dan self efficacy dengan prokrastinasi penyelesaian skripsi pada mahasiswa jurusan Diskomvis di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif studi korelasional. Subyek penelitian ini 40 adalah mahasiswa jurusan Diskomvis yang sedang menyusun skripsi. Data dianalisis dengan teknik Product Moment dan regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77,5% self regulation subyek pada kategori sedang, sebesar 65%  self efficacy subyek pada kategori sedang, dan sebesar 57,5%  prokrastinasi subyek pada kategori sedang. Pada uji hipotesis didapatkan koofisien korelasi sebesar -0,767 dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 yang menunjukkan jika self regulation semakin meningkat maka prokrastinasi semakin menurun. Pada uji hipotesis yang kedua didapatkan koofisien korelasi sebesar -0,710 dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 yang menunjukkan jika self efficacy semakin meningkat maka prokrastinasi semakin menurun. Hasil uji hipotesis ketiga didapatkan koofisien korelasi sebesar 0,787 yang menunjukkan jika self regulation dan self efficacy semakin meningkat maka prokrastinasi semakin menurun.

Diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan self regulation dengan mengatur dan  mengolah aktivitasnya, meningkatkan self efficacy dengan yakin pada kemampuan diri sendiri sehingga mampu mengerjakan tugas-tugas kuliah pada khususnya tugas dalam penyelesaian skripsi sehingga selesai pada waktunya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan variasi materi yang lebih kompleks lagi tentang self regulation, self efficacy dan prokrastinasi dan  mengembangkan penelitian eksperimen dengan memberikan treatment kepada mahasiswa yang berada pada prokrastinasi kategori tinggi. Bagi jurusan Diskomvis diharapkan dapat mengatur dan mengelola proses penyelesaian skripsi mahasiswa sehingga mengurangi prokrastinasi.