Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Teknik Mind Map dalam mengingat materi kuliah Psikologi Umum pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang

Nyoman A. Susantri Arnelita

Abstrak


ABSTRAK

 

Arnelita, Nyoman A. Susantri. 2012. Efektivitas Teknik Mind Map dalam mengingat materi  kuliah Psikologi Umum pada mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Adi Atmoko, M. Si, (2) Fattah Hidayat, S.E, S.Psi, M.Si

 

Kata Kunci : teknik Mind Map, mengingat, mahasiswa

 

Mahasiswa pada umumnya mengalami kesulitan dalam mengingat materi perkuliahan. Teknik mencatat yang selama ini umum digunakan bersifat monoton sehingga menyulitkan mahasiswa dalam mempelajari materi kuliah. Teknik Mind Map memudahkan dalam mempelajari dan mengingat materi perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan teknik Mind Map dalam mengingat materi psikologi umum pada mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Two-groups Posttest Only Design, dengan populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Sampel dengan teknik random sampling sebanyak 40 orang, terbagi menjadi 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan 20 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes objektif untuk menguji penguasaan materi yang ada dalam modul psikologi umum I, II, dan III. Validitas aitem diuji dengan menggunakan analisis point biserial yakni aitem yang memiliki signifikansi ≤ 0,05. Reliabilitas tes objektif dianalisis dengan alpha-cronbach, yaitu tes objektif I sebesar 0,630; tes objektif II sebesar 0,700; tes objektif III sebesar 0,660. Modul Psikologi Umum divalidasi berdasarkan pendapat ahli, dalam hal ini dosen mata kuliah psikologi umum di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji hari pertama tidak ada perbedaan skor tes objektif pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk ketiga modul (p=0,263>0,05; p=0,692>0,05; p=0,099>0,05). Pada uji hari kedua tidak ada perbedaan skor tes objektif pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk modul I, sedangkan pada modul II dan III ada perbedaan skor tes objektif (p=0,134>0,05; p=0,000