Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN MOTIVASI DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MALANHG

FUAD FANANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Fanani, Fuad. 2010. Hubungan Persepsi Dan Motivasi Dengan Keputusan Pembelian Handphone pada  Mahasiswa  di  Universitas  Negeri  Malang.  Skripsi,  Program  Studi  Psikologi,  Jurusan  Bimbingan  Konseling  dan  Psikologi,  Fakultas  Ilmu  Pendidikan,  Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I)Dr. Marthen Pali M.Psi, (II)Drs. Mohamad Bisri , Mpd.

 

Kata kunci : persepsi, motivasi, keputusan pembelian.

 

Handphone  merupakan  barang  yang  sudah  umum  dalam  masyarakat  kita.  Keputusan pembelian handphone banyak dipengaruhi oleh beberapa  factor yaitu  factor eksternal dan  factor internal yaitu persepsi dan motivasi. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi  dan motivasi dengan keputusan pembelian handphone pada mahasiswa.

Penelitian  ini  dilakukan  di  Universitas  Negeri  Malang.  Rancangan  penelitian  yang digunakan  adalah  penelitian  kuantitatif  dengan  jenis  penelitian  deskriptif  dan  korelasional. Subjek  yang  dijadikan  sampel  sebanyak  50  orang.  Instrumen  yang  digunakan  adalah  skala persepsi dan skala motivasi serta skala keputusan pembelian. Teknik analsis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif berdasarkan nilai mean dan teknik korelasi product moment.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  sebanyak  9  orang  atau  sebesar  18%  memiliki Persepsi yang tinggi ,sebanyak 37 orang atau sebesar 74% memiliki Persepsi  sedang, dan 4 orang atau sebesar 8% memiliki Persepsi rendah. Motivasi  tinggi sebanyak 11 orang atau sebesar 22%, Motivasi sedang 31 orang atau  sebesar 62%, sedangkan Motivasi  rendah sebanyak 8 orang atau sebesar  16%  sedangkan  untuk Keputusan Pembelian  sebanyak  78% kategori  termasuk  sedang, sedangkan  22%  termasuk kategori  rendah.  Hasil  analisis korelasi menunjukkan  ada  hubungan positif  antara  Persepsi   dengan  Keputusan  Pembelian  dengan  koefisin  korelasi  0,598  dimana semakin  tinggi Persepsi  mahasiswa  semakin  tinggi pula  tingkat Keputusan Pembeliannya, dan ada hubungan positif antara Motivasi dengan Keputusan Pembelian dimana koefisien korelasinya sebesar 0,642 dimana semakin  tinggi Motivasinya maka semakin  tinggi pula  tingkat Keputusan Pembeliannya. Serta nilai dari R Square dari analisis multi korelasi antara Persepsi dan Motivasi dengan Keputusan Pembelian sebesar 0,642.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka hendaknya Sebelum melakukan keputusan pembelian ponsel  seharusnya Mahasiswa mengetahui  tentang  fungsi  atau kegunaan ponsel  bagi  dirinya  sendiri  bukan  karena  pengaruh  teman,  iklan  dan  yang  lainnya.  Sehingga Mahasiswa  tidak  ikut- ikutan  teman  dan  yang  lainnya  dalam  menentukan  pembelian  ponsel. Sehingga ponsel tersebut bermanfaat dan berguna bagi Mahasiswa. Bukan karena trend yang ada