Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tindak Tutur Guru Dalam interaksi Belajar Mengajar Di RA Muslimat NU 25 Lesanpuro Malang(Sebuah Analisis Deskripsi Komunikasi Antara Guru Terhadap Anak Didik Dalam Pengubahan Perilaku Siswa Yg Mengganggu Proses Belajar Di RA Muslimat NU 25 Lesanpuro Mlg)

Vira Fauziah Rosdiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Rosdiana, Vira Fauziah. 2012. Tindak Tutur Guru Dalam interaksi Belajar Mengajar Di RA. Muslimat NU  25  Lesanpuro Malang  (Sebuah Analisis Deskripsi  Komunikasi  Antara  Guru  Terhadap  Anak  Didik  Dalam Pengubahan  Perilaku  Siswa  Yang Mengganggu  Proses  Belajar   Di  RA. Muslimat  NU  25  Lesanpuro  Malang).  Skripsi  Jurusan  Psikologi. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing  :    (I) Dr. Adi Atmoko, M.Si. (II) Dra. Nur Eva, S.Psi, M.Psi

 

Kata Kunci  : Tindak Tutur Guru 

 

Tindak  tutur  adalah  unit  tuturan  minimal  yang  dapat  berfungsi  untuk berkomunikasi. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui  jenis-jenis  tindak  tutur yang diterapkan di RA Muslimat NU 25 Lesanpuro dalam pengubahan  perilaku yang mengganggu proses belajar mengajar.

Penelitian  ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model penelitian deskriptif Basic and Generic Qualitatif Study. Lokasi penelitian ini adalah di RA Muslimat  NU  25  Lesanpuro.  Alat  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah abservasi, wawancara, dan dokumentasi.     Subyek dari penelitian ini adalah guru kelas tk B di RA Muslimat NU 25 Lesanpuro. Sedangkan obyek dari penelitian ini adalah  siswa  kelas  tk  B  di  RA Muslimat NU  25  Lesanpuro. Keseluruhan  data yang  diperoleh  dianalisis  dengan  menggunakan  teknik  analisis  deskriptif,  dan disusun menjadi kesimpulan penelitian.  

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  tindak  tutur  guru  dalam  interaksi  belajar mengajar di sekolah RA Muslimat NU 25 Lesanpuro adalah (1)  tindak meminta, (2)  tindak  bertanya,  (3)  tindak memerintah,  (4)  tindak melarang,  dan  (5)  tindak menasehati.

Berdasarkan  hasil  penelitian  ini,  disarankan  kepada  guru  RA Muslimat  NU  25 Lesanpuro  agar  hasil  penelitian  ini  hendaknya  dapat  dijadikan  pertimbangan dalam  melaksanakan  kegiatan  belajar  mengajar  siswa  RA  Muslimat  NU  25 Sawojajar  sehingga  guru  dapat  mengubah  perilaku  siswa  yang  mengganggu proses belajar.