Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Efikasi Diri dan Konformitas terhadap Niat Berperilaku Menggunakan Narkoba Siswa SMK Kosgoro Kabupaten Malang

Nisa' Nur Indah

Abstrak


ABSTRAK

 

Indah, Nisa’ Nur. 2012. Hubungan Efikasi Diri dan Konformitas terhadap Niat Berperilaku Menggunakan Narkoba Siswa SMK Kosgoro Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Fattah Hidayat S.Psi., S.E., M.Si dan (2) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: Efikasi diri, konformitas, niat berperilaku, narkoba, kabupaten Malang.

 

Penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh remaja semakin mengkhawatirkan dari tahun ke tahun. Pengaruh teman sebaya dan kurangnya keyakinan diri menjadi salah satu faktor yang sering dikaitkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran efikasi diri, (2) mengetahui gambaran konformitas, (3) mengetahui gambaran niat berperilaku menggunakan narkoba dan (4) mengetahui hubungan antara efikasi diri dan konformitas dengan niat berperilaku menggunakan narkoba pada siswa SMK Kosgoro Kabupaten Malang.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dan niat berperilaku menggunakan narkoba (rxy=-373;sig