Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pengetahuan Moral Seksual, Kematangan emosi, dan Perilaku Seksual Siswa SMP

Allyn Nadhya Pamula Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Allyn Nadhya Pamula. 2012. Hubungan Pengetahuan Moral Seksual, Kematangan emosi, dan Perilaku Seksual Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Triyono, M.Pd dan (2) Indah Yasminum Suhanti, M.Psi.

 

Kata Kunci: pengetahuan moral seksual, kematangan emosi, perilaku seksual

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan pengetahuan moral seksual dengan perilaku seksual, (2) mengetahui hubungan kematangan emosi dengan perilaku seksual dan (3) mengetahui hubungan pengetahuan moral seksual dan kematangan emosi dengan perilaku seksual siswa SMP.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik  purposive random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket pengetahuan moral seksual dengan r alpha =0,962, skala kematangan emosi dengan r alpha =0,918dan skala perilaku seksual dengan r alpha =0,95. Data dianalisis menggunakan teknik uji korelasi Regresi Ganda.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) ada hubungan negatif yang signifikan antara pengetahuan moral seksual dengan perilaku seksual (2) ada hubungan negatif yang signifikan antara kematangan emosi dengan perilaku seksual, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara pengetahuan moral seksual dan kematangan emosi dengan periaku seksual . Perilaku seksual mampu dijelaskan oleh pengetahuan moral seksual dan kematangan emosi dengan nilai R = 0,507, F = 10,216, sig = 0,000. Dengan nilai R adjust = 0,232, maka sumbangan efektif dari penelitian ini sebesar 23,2% dan sisanya 76,8% dari faktor lain.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pendidik dan orang tua, harus mampu mengarahkan putra putrinya agar memiliki pengetahuan moral seksual mengembangkan kematangan emosinya. Bagi Penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan aspek lain, untuk meneliti faktor-faktor lainnya yang menjadi permasalahan dalam perilaku seksual yang semakin marak dilakukan oleh remaja, sehingga dapat memberikan solusi bagi permasalahan perkembangan remaja.