Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Pemahaman Tagline dan Brand Awareness terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen.

Maulida Dwi Pamungkas Hadsal

Abstrak


ABSTRAK

 

Hadsal, Maulida Dwi Pamungkas. 2012. Hubungan antara Pemahaman Tagline dan Brand Awareness terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen. Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Anies Syafitri, S.Psi.,M.Psi. Psikolog dan (2) Diantini Ida Viatrie, S.Psi.,M.Psi.

 

Kata Kunci: tagline, brand awareness, pengambilan keputusan konsumen

 

Salah satu komponen iklan yang menarik, tagline diharapkan mampu meninggalkan kesan mendalam pada konsumen sehingga dapat meningkatkan brand awareness. Semakin sering iklan diputar di televisi ataupun dimuat dalam media cetak, maka semakin besarlah kemungkinan konsumen untuk mempertimbangkan merek tersebut dalam daftar pembelian mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemahaman tagline, (2) mengetahui brand awareness, dan (3) mengetahui pengambilan keputusan konsumen, (4) mengetahui hubungan antara pemahaman tagline terhadap pengambilan keputusan konsumen, (5) mengetahui hubungan antara brand awareness terhadap pengambilan keputusan konsumen, serta (6) mengetahui hubungan antara pemahaman tagline dan brand awareness terhadap pengambilan keputusan konsumen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang warga RW III dan RW IX Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa skala, yaitu skala pemahaman tagline (α=0,628), skala brand awareness (α=0,731) dan skala pengambilan keputusan konsumen (α=0,874).

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) sebesar 62,5% subjek memiliki pemahaman tagline tinggi (2) sebesar 53,75% subjek memiliki brand awareness tinggi dan (3) sebesar 56,25 subjek memiliki pengambilan keputusan konsumen yang tinggi (4) Terdapat hubungan searah yang signifikan antara pemahaman tagline dan pengambilan keputusan (r=0,319;sig=0,004) (5) Brand awareness dan pengambilan keputusan konsumen memiliki hubungan positif dan signifikan (r = 0,247;sig = 0,027) (6) Pemahaman tagline dan brand awareness memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen (R = 0,324;sig = 0,014).

Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian adalah: (1) bagi konsumen, untuk evaluasi produk dalam hal bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk tersebut lebih teliti lagi, (2) bagi produsen untuk membuat iklan yang lebih menarik dan seberbeda mungkin, (3) bagi peneliti selanjutnya agar tidak hanya memfokuskan penelitian pada brand awareness saja, tetapi pada cakupan yang lebih luas dari brand awareness yaitu brand equality.