Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Sikap Moral Seksual dan Perilaku Seksual Siswa SMP Negeri 4 dan MTs Negeri Kauman Ponorogo

Wilda Geta Fadhila A.

Abstrak


ABSTRAK

 

Fadhila A., Wilda Geta. 2012. Hubungan Sikap Moral Seksual dan Perilaku Seksual Siswa SMP Negeri 4 dan MTs Negeri Kauman Ponorogo. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Fattah Hidayat, S.Psi., S.E., M.Si.,  dan (2) Ika Andrini Farida, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: Sikap Moral Seksual, Perilaku Seksual, Pengetahuan Agama Islam.

 

Perkembangan zaman sedikit demi sedikit telah menggeser budaya timur yang sarat dengan sopan santun dan tata krama ke budaya barat sebagai kiblatnya. Perubahan orientasi seksual yang dahulu bersifat sangat pribadi dan tertutup lalu kini dibuka lebar-lebar, seolah-olah menjadi fenomena wajar dan umum yang menyebabkan banyak remaja banyak terlibat dalam perilaku amoral. Remaja terkesan mengabaikan aturan moral seksual yang berlaku dengan melakukan perilaku seksual yang dilarang oleh masyarakat dan agama dengan berbagai alasan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran sikap moral seksual (2) mengetahui gambaran perilaku seksual (3) mengetahui gambaran pengetahuan agama Islam, dan (4) mengetahui hubungan sikap moral seksual dan perilaku seksual dengan mengendalikan pengetahuan agama Islam.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa. Validitas instrumen menggunakan validitas korelasi antar aitem menggunakan formula korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%. Instrumen yang digunakan berupa: skala sikap moral seksual (α=0,959), skala perilaku seksual (α=0,947), dan tes pengetahuan agama Islam (α=0,830). Data dianalisis menggunakan teknik persentase dan uji korelasi Parsial.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) sebesar 98,19% subjek bersikap positif pada moral seksual, (2) sebesar 76,38% subjek jarang melakukan perilaku seksual, (3) sebesar 70,92% subjek memiliki pengetahuan agama Islam yang baik (4) Ada hubungan negatif yang signifikan antara sikap moral seksual dan perilaku seksual dengan mengendalikan pengetahuan agama Islam. Hubungan yang negatif ditunjukkan dengan nilai rxy sebesar -0,525.

Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian adalah: (1) bagi siswa diharapkan untuk meninjau kembali moral masyarakat dan agama sebelum bertindak, mengikuti kegiatan keagamaan secara rutin, serta aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler sebagai sarana menyalurkan bakat dan minat, (2) bagi orangtua diharapkan melibatkan anak dalam kegiatan beribadah bersama, mengingatkan untuk takut kepada Tuhan, serta memberikan wawasan mengenai akibat perilaku seksual, (3) bagi pihak sekolah hendaknya melibatkan siswa dalam kegiatan keagamaan, misalnya sholat dhuha dan pondok Ramadhan, menyediakan fasilitas ekstrakulikuler yang menarik bagi siswa, serta kegiatan mentoring untuk memberikan penjelasan bahaya perilaku seksual, dan (4) bagi penelitian lebih lanjut disarankan untuk memberikan bobot pada perilaku seksual sesuai tingkatan, mempertimbangkan faktor-faktor lain yang turut menentukan perilaku seksual, dan melakukan analisis kualitatif untuk memperdalam temuan penelitian.