Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Bernyanyi Menggunakan Alunan Musik terhadap Depresi Orang Lanjut Usia yang Tinggal Di Pondok Lansia Al-Ishlah

Dyah Ayu Cendrawasih

Abstrak


ABSTRAK

 

Cendrawasih, Dyah Ayu. 2008. Pengaruh Bernyanyi Menggunakan Alunan Musik Terhadap Depresi Orang Lanjut Usia yang Tinggal Di Pondok Lansia Al-Ishlah , Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si. (II) Diyah Sulistyorini, S.Psi.,M.Psi.

 

Kata Kunci: bernyanyi, depresi orang lanjut usia, panti werda

 

Penempatan orang lanjut usia di panti werda seringkali menimbulkan depresi, karena orang lanjut usia memiliki penyesuaian diri yang buruk. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui depresi orang lanjut usia sebelum melakukan kegiatan bernyanyi; (2) Untuk mengetahui depresi orang lanjut usia setelah melakukan kegiatan bernyanyi; (3) Untuk mengetahui pengaruh kegiatan bernyanyi yang dilakukan orang lanjut usia terhadap depresi yang dialami oleh orang-orang usia lanjut yang berada dalam panti werda.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 5 orang lanjut usia di Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen Beck Depression Inventory (BDI) dengan reabilitas 0,86.

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Depresi orang lanjut usia yang tinggal di Pondok Lansia Al-Ishlah sebelum bernyanyi diperoleh 3 orang lanjut usia mengalami depresi sedang (60%) dan 2 orang lanjut usia mengalami depresi berat (40%). (2) Depresi orang lanjut usia yang tinggal di Pondok Lansia Al-Ishlah setelah bernyanyi diperoleh diperoleh 1 orang lanjut usia tidak mengalami depresi atau minimal (20%), 2 orang lanjut usia mengalami depresi ringan (40%), 2 orang lanjut usia mengalami depresi sedang (40%). (3) Berdasarkan analisa uji t (t-test) diperoleh hasil nilai t = 3,13. Siginifikansi 5%, harga t = 2,13 < 3,13 hal ini berarti ada pengaruh bernyanyi terhadap depresi yang dialami orang-orang lanjut usia yang berada dalam panti werda dan diperkuat dengan perbedaan mean yang signifikan yaitu; meano adalah 27,4 dan mean1 adalah 18,4.

Disarankan (1) untuk panti werda sebaiknya memberikan kegiatan bernyanyi untuk orang-orang lanjut usia secara rutin sebagai salah satu kegiatan rekreasi dan perawatan pada orang-orang lanjut usia yang tinggal di panti werda. (2) Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat menyempurnakan penelitan dengan menggunkan model eksperimen lain yaitu menambahkan kelompok kontrol sebagai pembanding untuk lebih mengetahui efektivitas kegiatan bernyanyi terhadap depresi orang lanjut usia. Selain itu, lebih diupayakan untuk mengendalikan atau mengontrol variabel ekstra atau variabel yang tidak dikehendaki yang dapat mempengaruhi hasil eksperimen, melakukan pengukuran posttest berulang serta diharapkan dapat menambahkan subjek penelitian. Pemilihan lagu juga dapat disempurnakan dengan menambahkan judgement ahli psikologi gerontologi dan ahli musik selain dari self request. Peneliti selanjutnya juga dapat melakukan penelitian mengenai hubungan kegiatan bernyanyi terhadap depresi orang lanjut usia.