Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Pengetahuan Kesetaraan Gender dan Pengalaman Memimpin dengan Sikap Terhadap Kesetaraan Gender pada Wanita Karir di Kabupaten Trenggalek

Ni Putu Rizky Arnani

Abstrak


ABSTRAK

 

Arnani, Ni Putu Rizky. 2012. Hubungan antara Pengetahuan Kesetaraan Gender dan Pengalaman Memimpin dengan Sikap Terhadap Kesetaraan Gender pada Wanita Karir di Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Endang Prastuti M.Si, (II) Ninik Setyowati S.Psi.,M.Psi.

 

Kata Kunci : pengetahuan kesetaraan gender, pengalaman memimpin dan sikap terhadap kesetaraan gender

 

Sikap terhadap kesetaraan gender adalah kecenderungan pandangan, pendapat seseorang untuk menilai suatu objek sikap suatu objek yang berkaitan dengan gender dalam keluarga, budaya, bidang sosial, ekonomi, pendidikan, politik. Perbedaan sikap terhadap kesetaraan gender berbeda-beda, faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah pengetahuan dan pengalaman seseorang. Pengetahuan merupakan hasil pemahaman yang sebelum tidak tahu akhirnya tahu dan terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Pengalaman adalah arti keseluruhan pelajaran yang dipetik seseorang dari peristiwa yang dilalui dari perjalanan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk  (1) mengetahui pengetahuan kesetaraan gender pada wanita karir,(2) mengetahui pengalaman memimpin pada wanita karir, (3) mengetahui sikap terhadap kesetaraan gender pada wanita karir, (4) mengetahui hubungan pengetahuan kesetaraan gender dengan sikap terhadap kesetaraan gender, (5) mengetahui hubungan antara pengalaman memimpin dengan sikap terhadap kesetaraan gender dan (6) mengetahui hubungan antara pengetahuan kesetaraan gender memimpin dan pengalaman memimpin dengan sikap terhadap kesetaraan gender.

Jenis penelitian  ini adalah deskriptif  korelasional, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampel, subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 35 orang wanita karir yang berusia 35-50 tahun. Instrumen penelitian yang digunakan adalah uji pengetahuan kesetaraan gender, angket pengalaman memimpin dan skala sikap terhadap kesetaraan gender yang dikembangkan oleh peneliti. Teknik analisis data menggunakan teknik Product Moment untuk mengetahui hubungan antara dua variabel dan teknik Regresi digunakan untuk mengetahui hubungan antara ketiga variabel.

Hasil penelitian menunjukkan (1) pengetahuan kesetaraan gender tergolong sedang, (2) pengalaman memimpin tergolong sedang, (3) sikap terhadap kesetaraan gender termasuk sedang, (4) ada hubungan hubungan pengetahuan kesetaraan gender dengan sikap terhadap kesetaraan gender, (5) ada  hubungan antara pengalaman memimpin dengan sikap terhadap kesetaraan gender dan (6) ada hubungan antara pengetahuan kesetaraan gender memimpin dan pengalaman memimpin dengan sikap terhadap kesetaraan gender.

Disarankan (1) bagi wanita, diharapkan dapat memberikan pemahaman bahwa peran dapat dibagi secara adil dan tidak bersifat mutlak (dapat dipetukarkan) sehingga laki-laki dapat mengambil peran yang menjadi peran wanita dan sebaliknya. Agar wanita memiliki sikap positif terhadap kesetaraan gender perlu meningkatkan pengetahuan mengenai kesetaraan gender dan pengalaman memimpin. Untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kesetaraan gender dengan cara mencari informasi baik melalui media cetak maupun elektronik, sedangkan pengalaman memimpin diperoleh melalui proses belajar dengan aktif mengikuti organisasi baik formal maupun non formal, (2) bagi peneliti selanjutnya untuk menambah jumlah sampel dan mencari teori yang lebih mendalam dan komprehensif mengenai permasalahan gender dan pengalaman memimpin.