Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Self Maturity Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstravert pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

ANGGITA ANGGARANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggarani, Anggita. 2012. Perbedaan Self Maturity Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstravert pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si (II) Pravissi Shanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: self maturity, tipe kepribadian introvert dan ekstravert

 

Self maturity adalah suatu kemampuan individu untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu agar berfungsi dalam tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi. Tiap individu yang telah mencapai usia dewasa biasanya akan berusaha mencapai tingkat mature karena orang yang telah dewasa mempunyai kemungkinankemungkinan pertumbuhan perkembangan sehingga memiliki ciri-ciri tertentu dalam kematangan. Tipe kepribadian introvert dan ekstravert merupakan dua jenis tipe kepribadian, tipe kepribadian introvert dimiliki oleh orang yang pandangannya subyektif dan individualis, sedangkan ekstravert dimiliki oleh orang yang pandangannya objektif dan tidak pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan self maturity ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstravert pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Subyek penelitian yaitu mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang sebanyak 100 orang dengan ciri-ciri mahasiswa dengan usia 18 – 22 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah inventori tipe kepribadian dan skala self maturity. Inventori tipe kepribadian terdiri dari 38 aitem dengan reliabilitas 0, 837 dan skala self maturity terdiri dari 28 aitem dengan reliabilitas 0,88. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis Independent sample t test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self maturity pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang sebagian besar berada dalam kategori immature dengan presentase sebesar 55% dan tipe kepribadian sebagian besar dalam kategori ekstravert dengan presentase sebesar 60%. Uji hipotesis menyimpulkan terdapat perbedaan self maturity ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstravert pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang (p = 0,000 < 0,05), dengan subyek yang bertipe kepribadian ekstravert memiliki tingkat self maturity yang mature.

Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan: (1) bagi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang diharapkan dapat memberikan iklim yang dapat membantu meningkatkan self maturity, (2) bagi mahasiswa bertipe kepribadian introvert hendaknya dapat meningkatkan self maturity dengan cara bersikap lebih terbuka dan lebih bisa beradaptasi dengan lingkungan, (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian, sehingga hasil yang diperoleh akan lebih baik.