Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Tipe Kepribadian dan Kecenderungan Penggunaan Gaya Mengajar Pada Guru Taman Kanak-kanak

ASY NURIDA ROHMATI'A

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohmatia, Asy Nurida. 2012. Hubungan Antara Tipe Kepribadian dan Kecenderungan Penggunaan Gaya Mengajar Pada Guru Taman Kanak-kanak. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed. (II) Diyah Sulistiyorini, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: tipe kepribadian, gaya mengajar

 

Tipe  kepribadian  adalah  keseluruhan  pola  tingkah  laku  yang  relatif permanen  dengan  kecenderungan  karakteristik  khas  yang  stabil  serta  menjadi individualitas  bagi  perilaku  seseorang.  Kepribadian  dalam  diri  seseorang  dapat mempengaruhi  tingkah  laku  individu  tersebut. Dalam  penelitian  ini  kepribadian yang  diteliti,  yaitu  introvert  dan  ekstravert.  Gaya  mengajar  adalah  suatu  cara melaksanakan  pengajaran  yang  ditampilkan  oleh  guru  dan  cenderung  konsisten. Gaya mengajar dalam penelitian ini yaitu teacher centered dan student centered.

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  terdapat  hubungan antara tipe kepribadian dan kecenderungan penggunaan gaya mengajar pada guru Taman Kanak-kanak. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian  ini adalah deskriptif korelasional. Subyek penelitian ini adalah guru yang mengajar di TK  yang  berada  di  Kecamatan  Jetis  Kabupaten Mojokerto  sebanyak  56  orang.

Teknik  pengambilan  sampel  adalah  cluster  sampling.  Instrumen  penelitian  yang digunakan  adalah  EPI-A  Adaptasi  Indonesia  dan  skala  gaya  mengajar.  EPI-A Adaptasi Indonesia  terdiri dari 56 aitem dengan reliabilitas 0,862 dan skala gaya mengajar  terdiri  dari  32  aitem  dengan  reliabilitas  0,907.  Data  hasil  penelitian dianalisis  dengan  menggunakan  teknik  analisis  deskriptif  dan  analisis  korelasi product moment Pearson.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  guru  TK  di  Kecamatan  Jetis Kabupaten Mojokerto  lebih  banyak  yang  memiliki  tipe  kepribadian  ekstravert. Dan  guru  TK  di  Kecamatan  Jetis  Kabupaten  Mojokerto  lebih  banyak  yang memiliki  kecenderungan  menggunakan  gaya  mengajar  student  centered.  Uji hipotesis  menyimpulkan  terdapat  hubungan  positif  antara  tipe  kepribadian  dan kecenderungan  gaya  mengajar  pada  guru  TK  di  Kecamatan  Jetis  Kabupaten Mojokerto  (rxy  =  0,363;  p  =  0,006