Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Budaya Organisasi Koperasi Unit Desa ADITAMA Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo

FREDI DIAN RUKMANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Rukmana, Fredi Dian. 2012. Budaya Organisasi Koperasi Unit Desa ADITAMA Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Psikologi Industri dan Organisasi. Fakultas Pendidikan Psikologi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dra. Sri Weni Utami, Msi. (II) Ika Andrini Farida, MPsi.

 

Kata kunci: budaya organisasi, Koperasi, Koperasi Unit Desa.

 

Budaya organisasi adalah dimensi isi organisasi yang terdiri dari artefak, norma, nilai-nilai, kode etik kepercayaan, asumsi, filsafat organisasi, dan etos kerja suatu organisasi yang dikembangkan dalam waktu yang lama oleh pendiri, pimpinan, dan anggota organisasi yang disosialisasikan dan diajarkan kepada anggota baru serta diterapkan dalam aktivitas organisasi sehingga mempengaruhi pola pikir, sikap, dan perilaku anggota organisasi dalam memproduksi produk, melayani konsumen, dan mencapai tujuan organisasi. Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum yang berlandaskan pada asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Koperasi Unit Desa merupakan kesatuan ekonomi terkecil dari kerangka pembangunan pedesaan yang merupakan suatu wadah organisasi dan pengembangan bagi berbagai kegiatan ekonomi diwilayah yang bersangkutan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tentang budaya organisasi Koperasi Unit Desa ADITAMA Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Penelitian kualitatif berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks (holistik-kontekstual) melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci (Pedoman Penulisan Karya Ilmiah UM, 2010).Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi Koperasi Unit Desa ADITAMA Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Giorgi (dalam Hanurawan dan A.M. Diponegoro, 2005) mengemukakan bahwa fenomenologi adalah penelitian yang ditekankan pada cara manusia sebagai subjek berinteraksi dengan dunia gejala, baik terhadap objek-objek empirik maupun peristiwa.

Peneletian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui budaya organisasi yang diterapkan di KUD ADITAMA Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo dilihat dari isi budaya organisasi yang terdiri dari artefak, norma, nilai-nilai, kode etik kepercayaan, asumsi, filsafat organisasi, dan etos kerjaorganisasi.Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber yang mana teknik ini banyak digunakan dalam melakukan penelitian. Triangulasi dengan sumber berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif

Hasil penelitian budaya organisasi Koperasi Unit Desa ADITAMA Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo menunjukkan bahwa (1) KUD ADITAMA merupakan organisasi besar yang dijalankan dengan penuh kepercayaan dan tangggung jawab dari orang-orang yang bekerja di dalamnya, KUD ADITAMAselalu terbuka dalam hal pengelolaan keuangan, dan terbuka terhadap setiap ide baru yang disampaikan oleh anggotanya. Hal ini terlihat dari logo organisasi yang dimiliki oleh KUD ADITAMA(2) Seluruh staf KUD ADITAMAselalu menjaga norma kebersamaan dan kekeluargaan dengan tidak mengesampingkan profesionalisme kerja para stafnya mulai dari pimpinan hingga karyawan, (3) Seluruh staf KUD ADITAMAselalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dalam menjalankan setiap aktivitas keorganisasian, hal inilah yang membuat KUD ADITAMA menjadi KUD yang dikenal masyarakat sebagai KUD dengan tingkat pelayanan yang terpercaya dari para nasabahnya, (4) Seluruh staf KUD ADITAMA selalu menjalankan kode etik yang telah ditetapkan oleh pimpinan KUD ADITAMA, (5) Pihak KUD ADITAMA memiliki kepercayaan yaitu, kepedulian untuk selalu mensejahterakan karyawannya untuk menghargai kerja keras dan meningkatkan motivasi kerja karyawan, (6) Sebagian besar staf KUD ADITAMA berpendapat bahwa unit usaha yang dimiliki oleh KUD ADITAMA memegang peranan penting bagi kemajuan KUD ADITAMA, pengelolaan unit usaha yang terencana dengan baik membuat keuntungan dan prestasi KUD ADITAMA meningkat setiap tahunnya, (7) KUD ADITAMA memiliki filsafat organisasi untuk selalu meningkatkan kualiatas pelayanan terhadap konsumen, dan (8) Seluruh staf KUD ADITAMA memiliki etos kerja yang tinggi demi tercapainya visi dan misi KUD ADITAMA, kedisiplinan kerja karyawan selalu terlihat dalam menjalankan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab masing-masing karyawan. 

Berdasarkan hasil penelitian budaya organisasi Koperasi Unit Desa ADITAMA Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo, terdapat saran yang ditujukan kepada beberapa pihak. (1) Bagi ilmuan atau peneliti lanjutan agar meningkatkan pengetahuan mengenai budaya organisasi untuk lebih memperdalam pengetahuan yang berkaitan dengan budaya organisasi suatu lembaga atau instansi. Penelitian terkait disiplin ilmu psikologi industri dan organisasi khususnya yang berkaitan dengan budaya organisasi di koperasi atau KUD masih jarang dilakukan. Kedepannya, diharapkan penelitian mengenai budaya organisasi koperasi atau KUD lebih banyak ditingkatkan untuk memeperluas aplikasi dari psikologi industri dan organisasi agar tidak hanya terfokus pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun perusahaan-perusahaan swasta. (2) Bagi Koperasi Unit Desa ADITAMA penelitian mengenai budaya organisasi Koperasi Unit Desa ADITAMA Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo diharapkan bermanfaat sebagai referensi tambahan untuk meningkatkan kualitas organisasi khususnya dilihat dari budaya organisasi yang diterapkan pada organisasi tersebut.