Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN POLA ASUH DAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN GAYA HIDUP HEDONISME PADA REMAJA SMA Negeri 3 Malang

Koriys Destueg Etyng

Abstrak


ABSTRAK

 

Etyng, Koriys Destueg. 2012. Hubungan Pola Asuh dan Status Sosial Ekonomi Dengan Gaya  Hidup  Hedonisme  Pada Remaja  SMA  Negeri  3  Malang.  Skripsi,  Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Prof. Dr. Marthen Pali, M.Psi. (II) Anies Syafitri, S.Psi, M.Psi, Psikolog.

 

Kata kunci: pola asuh, status sosial ekonomi, gaya hidup hedonisme.

 

Pola  asuh  adalah  perlakuan  atau  sikap  orang  tua  yang  diterapkan  pada  anak dalam  kehidupan  sehari-hari  seperti  mendidik,  membimbing,  mendisiplinkan,  serta melindungi  anak.  Pola  asuh  ada  3  bentuk:  otoriter,  demokratis,  dan  permisif.  Status sosial  ekonomi adalah kedudukan atau posisi  seseorang dalam masyarakat dilihat dari tingkat  pendidikan,  pekerjaan,  dan  tingkat  penghasilannya. Terbagi  menjadi  3  kelas, yaitu status sosial ekonomi atas, menengah, dan bawah. Gaya hidup hedonisme adalah perilaku  seseorang untuk menghabiskan waktu dan uang untuk memenuhi kesenangan fisik  dan  psikis.  Kesenangan fisik  dapat  dilihat  dari  pakaian,  makanan,  gadget,  dan kendaraan  yang  mereka  gunakan,  serta  kesenangan psikis  yang  dapat  dilihat  dari interaksi  sosial  mereka  dan hiburan  yang  mereka  pilih  untuk  menghabiskan  waktu luang.

Tujuan penelitian  ini  adalah untuk mengetahui hubungan antara pola  asuh dan status sosial ekonomi dengan gaya hidup hedonisme remaja di SMA Negeri 3 Malang. Rancangan penelitian  ini  adalah deskriptif korelasional. Penelitian korelasional  adalah penelitian  yang  bertujuan  untuk  menganalisa  dan  mengetahui  hubungan  antara  2 variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja atau siswa kelas X dan XI SMA Negeri 3 Malang  sebanyak 512  siswa.   Adapun  sampel dalam  penelitian  ini adalah  10%  dari  jumlah  populasi  yaitu  50  siswa  dari  3  kelompok.

Berdasarkan  hasil analisis  korelasi  ada  hubungan  antara  pola  asuh  dengan  gaya  hidup hedonisme  pada remaja  SMA Negeri  3 Malang  sebesar  0.196  (p=0.017