Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

POLA-POLA PERILAKU AGRESI DI SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FITRIA DWI KURNIAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Fitria Dwi. 2012. Pola-pola Perilaku Agresi di Situs Jejaring Sosial Facebook pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Fattah Hidayat, S.Psi, S.E, M.Psi (2) Ika Andrini Farida, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci : Pola, Perilaku Agresi, Facebook, Universitas Negeri Malang

 

Perkembangan teknologi komunikasi menimbulkan dampak munculnya fenomena baru berkaitan dengan interaksi di internet yaitu agresi yang dilakukan di jejaring sosial Facebook. Permasalahan yang timbul adalah agresi di Facebook menjadi sebuah fenomena yang terus menerus dilakukan dengan intensitas yang cukup tinggi oleh mahasiswa. Permasalahan ini penting untuk diteliti agar tidak berlangsung terus sehingga dapat mengurangi produktivitas mahasiswa.

Fokus dalam penelitian ini adalah 1)Mendeskripsikan definisi perilaku agresi di Facebook. 2)Mendeskripsikan alasan mahasiswa Universitas Negeri Malang memilih melakukan agresi di Facebook. 3)Mendeskripsikan  tujuan agresi mahasiswa Universitas Negeri Malang di Facebook. 4) Mendeskripsikan pola-pola perilaku agresi mahasiswa Universitas Negeri Malang di Facebook 5)Mendeskripsikan dampak perilaku agresi mahasiswa Universitas Negeri Malang di media jejaring sosial Facebook.

Penelitian menggunakan format deskriptif kualitatif. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah semantik leksikal kualitatif.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara mendalam, observasi, jurnal refleksi subjek. Teknis analisis data penelitian ini menggunakan metode perbandingan tetap (grounded research). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial.

Pada hasil penelitian dijabarkan 1)Perilaku agresi di Facebook adalah perilaku agresi secara verbal yang memanfaatkan fitur Facebook untuk menyakiti orang lain secara personal di ruang publik menggunakan bahasa atau simbol yang dipahami pelaku maupun orang yang dituju. 2)Alasan melakukan agresi di Facebook disebabkan: tidak ingin menyakiti secara langsung; lebih cepat dan praktis; mengurangi rasa sakit dibanding bertemu langsung; orang yang dituju tahu tanpa harus bertemu langsung; hanya bisa ditemui di Facebook; menghindari konflik fisik; agar banyak orang lain tahu; lebih bebas mengungkapkan perasaan; tidak mau bertemu secara langsung; orang yang dituju lebih kuat di dunia nyata; bermasalah di Facebook, dibalas di Facebook; orang yang diserang tidak tahu sehingga tidak bisa membalas. 3)Agresi di Facebook bertujuan untuk menyakiti orang lain di ruang publik secara umum sehingga mendapat respon dari orang lain. 4)Pola agresi di Facebook ada 3 yaitu : Pola Offensif; Pola Deffensif; Pola Indirect. 5) Dampak agresi di Facebook adalah timbulnya teror dan permusuhan yang sifatnya personal baik di dunia maya maupun di dunia nyata, menonjolkan citra diri negatif sebagai musuh  dan suka menggunakan kata-kata kasar.

Hasil penelitian ini diharapkan memicu munculnya penelitian lain terkait pola perilaku agresi di internet, yang dirasa sangat kurang di Indonesia. Serta mengingatkan kembali mengenai sisi positif penggunaan media jejaring sosial di dunia maya sehingga lebih bermanfaat bagi semua orang.