SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PILIHAN KARIER SISWA KELAS XI SMA NEGERI SE-KABUPATEN & KOTA BLITAR

WIENDA AYU SEFTIANA

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Seftiana, Wienda Ayu. 2010. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan  Pilihan Karier Siswa Kelas XI  SMA Negeri se-Kabupaten & Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd. (II) Dr. Dany Moenindyah Handarini, M.A.

 

Kata kunci: pilihan karier, status sosial ekonomi

 

Salah satu tugas perkembangan masa remaja adalah memilih dan menyiapkan pekerjaan pada masa mendatang. Karena itu diperlukan pendidikan dan keterampilan agar pencapaian pekerjaan segera terpenuhi. Status sosial ekonomi orangtua menjadi salah satu faktor dalam penentuan pilihan karier siswa. Masalah yang ditemui bahwa sebagian besar siswa, terutama yang jauh dari kota cenderung masih memiliki pemikiran yang kurang terhadap pentingnya pilihan karier bagi diri sendiri. Siswa cenderung memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan orangtuanya saja tanpa mereka ketahui bahwa lapangan pekerjaan yang ada semakin lama semakin sempit dan kesempatannya semakin sedikit.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI SMA Negeri se-kabupaten dan kota Blitar, (2) bagaimana arah pilihan karier siswa kelas XI SMA Negeri se-kabupaten dan kota Blitar, (3) adakah hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan pilihan karier siswa kelas XI SMA Negeri se-kabupaten dan kota Blitar. Berkaitan dengan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI SMA Negeri se-kabupaten dan kota Blitar, (2) arah pilihan karier siswa kelas XI SMA Negeri se-kabupaten dan kota Blitar, (3) hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan pilihan karier siswa kelas XI SMA Negeri se-kabupaten dan kota Blitar.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri se-kabupaten dan kota Blitar tahun ajaran 2010/2011, sedangkan sampel penelitian dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase dan analisis korelasional dengan menggunakan rumus Korelasi Product-Moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) status sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI SMA Negeri di kabupaten dan kota Blitar berada pada tingkat menengah, (2) pilihan karier siswa tentang: (a) rencana siswa setelah lulus SMA mayoritas ingin melanjutkan kuliah sambil bekerja, (b) pilihan bidang pekerjaan yang paling diminati siswa adalah bidang pengetahuan, (c) pilihan jenjang karier yang banyak dipilih siswa adalah Profesional dan Manajer tingkat Menengah, (3) ada hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan pilihan karier siswa kelas XI SMA Negeri se-kabupaten dan kota Blitar tahun ajaran 2010/2011.

Saran yang dapat diajukan: (1) sekolah bertindak sebagai fasilitator dalam pelaksanaan program bimbingan karier, (2) konselor hendaknya memberikan berbagai informasi karier yang baru kepada siswa, terutama rencana setelah lulus SMA, informasi perguruan tinggi atau lembaga bimbingan, dan bekerja sama dengan pihak yang lebih tepat dalam memberikan informasi karier, (3) orang tua memotivasi dan tidak menuntut anak untuk mengikuti pilihan pekerjaan yang diinginkan orang tua, (4) peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel yang belum pernah diteliti dan menentukan sampel dengan tepat agar hasil penelitian lebih akurat.