SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Sikap Terhadap Pendidikan Militer Dan Tipe Kepribadian Dengan Stres Pada Siswa SEMABA di Skadron Pendidikan 403 Solo.

NOVY ABI DWIJAYANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwijayani, Novy Abi 2009. Hubungan Antara Sikap Terhadap Pendidikan Militer Dan Tipe Kepribadian Dengan Stres Pada Siswa SEMABA di Skadron Pendidikan 403 Solo. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dra. Sri Weni Utami, M.Si, (2) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi. 

 

Kata kunci : sikap terhadap pendidikan militer, tipe kepribadian, stres.

 

Siswa SEMABA dalam pendidikan militer memiliki tuntutan untuk menjalani pendidikan secara militer. Namun dalam kondisi nyata di tempat pendidikan, terdapat siswa yang kesulitan dalam menjalani pendiikan militer. Kesulitan tersebut dapat menimbulkan stres. Stres dapat berdampak terdapat fisik, psikologis, maupun prilaku seseorang. Salah satu faktor dalam diri individu yang turut menentukan tingkat stres yang dialami oleh seseorang adalah tiope kepribadian, dan sikap terhadap pendidikan militer. Sehingga dapat dikatakan bahwa stres berhubungan dengan sikap terhadap pendiikan militer dan tipe kepribadian yang dimiliki masing-masing individu.

Tujuan penelitian (1) gambaran sikap terhadap pendidikan militer pada siswa Sekolah Pertama Bintara (2) gambaran tipe kepribadian pada siswa Sekolah Pertama Bintara (3) gambaran tingkat stres pada siswa Sekolah Pertama Bintara (4) hubungan sikap terhadap pendidikan militer dengan stres (5) hubungan tipe kepribadian dengan stres pada siswa Sekolah Pertama Bintara (6) hubungan sikap terhadap pendidikan militer dan tipe kepribadian dengan stres pada siswa Sekolah Pertama Bintara.

Penelitian dengan rancangan deskriptif dan korelasional menggunakan subyek penelitian 90 siswa Sekolah Pertama Bintara di Skadron Pendidikan 403 Solo. Instrumen yang digunakan yaitu, skala stres, EPI (Eysenck Personality Inventory) adapatsi Indonesia, dan skala sikap terhadap pendidikan militer dengan model skala Likert. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif, analisis korelasi Product Moment, dan analisis regresi linier berganda. Dari uji coba diperoleh 54 aitem valid  untuk skala sikap terhadap pendidikan militer dan reliabilitas sebesar 0,882 sedangkan pada skala stres diperoleh 65 item valid dan reliabilitas 0,873. Hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa sikap terhadap pendidikan militer tergolong negatif, hasil tipe kepribadian adalah introvert, sedangkan hasil analisis stres tergolong tinggi. Hasil analisis korelasional Product Moment Pearson menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara sikap trehadap pendidikan militer dan tipe kepribadian dengan stres R= 0,573 dan F dihitung sebesar 21,301 (p = 0,000 < 0,05).

Saran yang diberikan : (1) Bagi siswa, diharapkan siswa dapat menyesuaikan diri dengan situasi pendidikan sehingga tidak merasa tertekan dengan pendidikan yang sedang dijalani, (2) Bagi Instansi Pendidikan Militer, Instansi pendidikan hendaknya memberikan perhatian pada kondisi psikologis para siswa yang dapat dilakukan dengan mengadakan pemeriksaaan psikologis secara rutin. Instalasi pendididkan juga dapat melakukan rolling ataupun perputaran kegiatan untuk meminimalisir stress pada siswa  SEMABA, (3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan para peneliti selanjutnya melakukan penelitian dengan metode penelitian yang berbeda yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif ataupun sebagai referensi dalam melakukan penelitian dengan menggunakan sampel yang berbeda.