SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Lingkungan Kerja Fisik Dan Beban Kerja Dengan Stres Kerja Pada Karyawan PT. Boma Bisma Indra

Shinta Vidia Apriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Apriani, Shinta Vidia. 2010. Hubungan Antara Lingkungan Kerja Fisik Dan Beban Kerja Dengan Stres Kerja Pada Karyawan PT. Boma Bisma Indra. Skripsi. Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Marthen Pali, M.Psi (II) Ninik Setiyowati, S. Psi., M.Psi

 

Kata Kunci: Lingkungan Kerja Fisik, Beban Kerja, Stres Kerja

 

Lingkungan kerja fisik merupakan salah satu faktor yang menjadi penyumbang penyebab stres bagi karyawan perusahaan. Begitu juga dengan beban kerja di suatu perusahaan bisa jadi pembangkit stres. Munculnya stres, terutama stres kerja, pada karyawan memberikan dua dampak pada perusahaan, ada yang menguntungkan maupun merugikan bagi perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah ada hubungan antara lingkungan kerja fisik dengan stres kerja pada karyawan di PT. Boma Bisma Indra ? 2) Apakah ada hubungan antara beban kerja dengan stres kerja pada karyawan di PT. Boma Bisma Indra ? 3) Apakah ada hubungan antara lingkungan kerja fisik dan beban kerja dengan stres kerja pada karyawan di PT. Boma Bisma Indra ? Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah karyawan PT. Boma Bisma Indra Pasuruan.

Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Purposive Sampling. Alat pengumpul data berupa 1) Skala Lingkungan Kerja Fisik yang dikembangkan dengan teori dari Munandar dengan validitas berkisar (rxy) = 0,36 sampai 0,82 dan reliabilitas 0,932, 2) Skala Beban Kerja yang dikembangkan dengan teori Everly dan Giordano dengan validitas berkisar (rxy) = 0,35 sampai 0,83 dan reliabilitas 0,940, 3) Skala Stres Kerja yang dikembangkan dengan teori dari Selye dengan validitas berkisar (rxy) = 0,31 sampai 0,69 dan reliabilitas 0,811.

Hasil penelitian menunjukkan 1) Lingkungan kerja fisik karyawan di PT. Boma Bisma Indra Pasuruan sebesar 100% dan tergolong sedang, 2) Beban kerja karyawan di PT. Boma Bisma Indra Pasuruan sebesar 90% dan tergolong dalam tingkat sedang, 3) Stres kerja karyawan di PT. Boma Bisma Indra Pasuruan sebesar 92% dan tergolong dalam tingkat sedang, 4) Koefisiensi korelasi sebesar r = - 0,007, signifikansi = 0,959 (p > 0,01). Hal ini berarti tidak ada hubungan antara lingkungan kerja fisik dengan stres kerja 5) Koefisiensi korelasi sebesar r = 0,390, signifikansi = 0,005 (p < 0,01). Hal ini berarti ada hubungan positif dan signifikan antara beban kerja dan stres kerja, 6) Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi diperoleh koefisiensi regresi sebesar R = 0,512 dengan F hitung sebesar 8,333 (p = 0,001 < 0,005) yang berarti ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan kerja fisik dan beban kerja dengan stres kerja. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien determinasi R Square sebesar 0,262 atau 26,2%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel lingkungan kerja fisik dan beban kerja terhadap variabel stres kerja sebesar 26,2%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara Lingkungan Kerja Fisik dan Beban Kerja dengan Stres Kerja Pada Karyawan PT. Boma Bisma Indra. Selain itu disarankan pula untuk peneliti selanjutnya yang berminat mengkaji permasalahan ini untuk menambah indikator dalam instrumen yang digunakan, sehingga data hasil penelitian dapat lebih akurat