SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

keefektifan paket pelatihan keterampilan self disclosure untuk meningkatkan konsep diri siswa smp

Mega Ika Mariana

Abstrak


ABSTRAK

 

Mariana, Mega Ika. 2010. Keefektifan Paket Pelatihan Keterampilan Self-Disclosure Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd (II) Drs. H. Widada, M.Si.

 

Kata Kunci : Self-disclosure, konsep diri.

 

Dalam pelaksanaan BK di sekolah saat ini masih banyak persoalan yang dihadapi berkaitan dengan self-disclosure siswa, misalnya enggannya siswa untuk datang ke ruang BK guna mengungkap masalah yang dihadapinya, hal ini dipicu oleh ketidakterbukaan diri siswa dalam berbagai permasalahan yang dihadapi, di samping itu siswa masih kurang mampu berhubungan antarpribadi khususnya keterbukaan diri. Untuk dapat membuka diri, sebelumnya individu harus memahami diri sendiri yaitu menyadari dan memahami perasaannya, siapa dirinya, kualitas diri, harapan-harapan, dan pengembangan sikap terhadap dirinya sendiri. Pengetahuan dan sikap tersebut dikenal dengan konsep diri (self concept). Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan paket pelatihan keterampilan self-disclosure untuk meningkatkan konsep diri siswa SMPN 2 Pilangkenceng Kabupaten Madiun.

Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest control design. Subyek yang dijadikan sampel penelitian adalah siswa SMPN 2 Pilangkenceng Kabupaten Madiun kelas VII sebanyak 64 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala Keterampilan Self-Disclosure dan skala Konsep Diri dengan menggunakan model penskalaan Likert. Analisis data menggunakan independent sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil pre-test skala konsep diri kelas eksperimen dan rata-rata hasil post-test skala konsep diri kelas eksperimen adalah berbeda secara signifikan. Rata-rata hasil post-test skala konsep diri kelas eksperimen (112.09) lebih tinggi daripada rata-rata hasil pre-test skala konsep diri kelas eksperimen (98.25). Dapat disimpulkan bahwa kedua rata-rata populasi adalah tidak identik karena nilai Sig. (0,000) ≤ 0,05 dan thitung (-5.313) ≥ ttabel (1,998). Hal ini dapat disimpulkan bahwa paket keterampilan self-disclosure efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa SMPN 2 Pilangkenceng Kabupaten Madiun.

Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan remaja dapat mengungkapkan dengan baik mengenai dirinya sendiri, dapat mengontrol emosi terhadap segala perilakunya, dapat meningkatkan keakraban yang dilandasi kepercayaan dan kekeluargaan.