SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sikap perokok usia dewasa terhadap resiko kesehatan terkait dengan perilaku merokok

Inne Luna Dianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Dianti, Inne Luna. 2010. Sikap Perokok Usia Dewasa Terhadap Resiko Kesehatan Terkait Dengan Perilaku Merokok. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan  Psikologi  Fakultas  Ilmu  Pendidikan  Universitas  Negeri  Malang. Pembimbing:  (I)  Dr.  Fattah  Hanurawan,  M.Si.,  M.Ed.  (II)  Drs.  Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si.

 

Kata Kunci :. Sikap, Perilaku merokok, Resiko kesehatan

 

Perilaku  merokok  tampaknya  dapat  menjadi  salah  satu  indikator  untuk mengetahui sikap perokok terhadap resiko kesehatan dirinya. Sikap yang ada pada seseorang  akan  memberikan  warna  atau  corak  pada  perilaku  atau  perbuatan manusia.  Dengan  mengetahui  sikap  seseorang  orang  dapat  diduga  bagaimana respons atau perilaku yang akan diambil oleh orang yang bersangkutan,  terhadap sesuatu  masalah  atau  keadaan  yang  dihadapkan  kepadanya..  Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui  pembentukan  sikap  perokok  usia  dewasa  dan bagaimana  sikap  perokok  usia  dewasa  terhadap  resiko  kesehatan  terkait dengan perilaku merokok.

Metode  penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan perspektif  fenomenologi. Metode penggalian data yang digunakan  adalah  teknik wawancara  dan  observasi.  Prosedur  analisis  data  dalam  penelitian  ini  adalah dengan  langkah  (1) Membaca keseluruhan deskripsi yang ditulis oleh partisipan, (2) Menyusun dan membuat bagian-bagian deskripsi, (3) Mentransformasi satuan-satuan makna kedalam pemaknaan psikologis,  (4) Membahas mengenai  struktur pengalaman.  Untuk  pemeriksaan  keabsahan  data  peneliti  melakukan  ketekunan pengamatan dan triangulasi.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian  ini bahwa:  (1) pembentukan  sikap terhadap  resiko kesehatan  terkait dengan perilaku merokok pada partisipan yang diteliti berlangsung melalui proses belajar sosial (social learning) dan dari proses belajar  dalam  mengarahkan  diri  sendiri  berdasarkan  pengalaman  sendiri  (self directed  learning),  (2) partisipan penelitian memiliki  sikap yang positif  terhadap resiko  kesehatan  yang  dapat  terjadi  akibat  perilaku merokok.  Namun  sikap  ini mengakibatkan  terjadinya  disonansi  kognitif,  karena  sikap  yang  mereka  miliki tidak sesuai dengan perilaku merokok mereka.

Saran  dari  penelitian  ini  adalah:  (1)  Bagi  partisipan  penelitian,  agar melakukan  tindakan  preventif  terhadap  resiko  kesehatan  dan memperkuat  sikap positif  yang  telah  dimiliki  (2)  Bagi  praktisi  klinis,  untuk  mengevaluasi  aspek-aspek  psikologis  dalam  memahami  dan  memodifikasi  perilaku  sehat  (3)  Bagi penelitian  selanjutnya,  agar menemukan  cara-cara  yang  tepat  dan  efektif  untuk menyelaraskan  antara  perilaku  perokok  dengan  sikap  positif  terhadap  kesehatan dirinya,