SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyusunan Paket Permainan Kelompok untuk Mengembangkan Perilaku Prososial Anak TK

Maria Fransisca de Florence

Abstrak


ABSTRAK

 

de Florence, Maria Fransisca. 2010.Penyusunan Paket Permainan Kelompok untuk Mengembangkan Perilaku Prososial Anak TK. Program Studi Psikologi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti, M.Psi  (II) Diyah Sulistyorini, S.Psi, M.Si

 

Kata kunci: Paket permainan kelompok, perilaku prososial, anak TK

 

Selama periode masa kanak-kanak terjadilah sejumlah perubahan baik secara fisik maupun secara prikologis. Masa kanak-kanak juga merupakan pondasi yang penting bagi kehidupan manusia, dimana nilai-nilai hidup akan membentuk kebiasaan dan karakter yang akan diterapkan dalam waktu yang relatif lama (Hurlock :1980).

Belum tersedia sebuah paket tehnik permainan untuk mengembangkan perilaku prososial anak TK. Sehingga peneliti ingin menyusun paket permainan kelompok untuk mengembangkan perilaku prososial anak TK.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menyusun paket permainan kelompok untuk mengembangkankan perilaku prososial  pada anak TK, dimana paket permainan ini memuat petunjuk penggunaan dan materi permainan yang didalamnya terdapat lima macam permainan yang dapat dipilih oleh guru TK.

Penelitian dilakukan bagi guru-guru Tk, dimana produk yang dihasilkan berupa paket petunjuk penggunaan bagi guru  yang dapat mengembangkan perilaku prososial anak TK. Paket tersebut terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pendahuluan, bagian teknik permainan, dan bagian penutup. Ketiga bagian ini telah mendapat penilaian dari subyek ahli yaitu ahli isi/materi, ahli perkembangan, ahli pendidikan TK dan telah dilakukan uji kelompok kecil. Hasil uji coba tersebut kemudian digunakan sebagai bahan revisi paket permainan pengembangan perilaku prososial anak TK.

Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji ahli dalam mengukur kesesuaian, ketepatan dan kegunaan paket sudah tepat, sedangkan uji kelompok kecil juga telah dilakukan dan tidak mengalami kendala yang berarti sehingga paket ini dapat digunakan oleh guru TK dalam mengembangkan perilaku prososial anak TK.Paket  yang dihasilkan adalah Paket Permainan yang terdiri dari tiga bagian yaitu, bagian pendahuluan, bagian materi permainan dan tekhnik permainan, dan bagian penutup. Permainan yang dihasilkan adalah permainan Semut Penolong, Pemberian Anak Raja, Angka persahabatan, Tukang Pos dan Hadiah untuk teman. Setiap permainan memiliki tujuan untuk mengembangkan indikator prososial yang berbeda, sehingga ke lima permainan ini disebut satu paket dalam mengembangkan seluruh indikator perilaku prososial anak TK. Permainan tidak harus dilakukan dalam waktu yang bersamaan, melainkan bertahap.