SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Latar Pendidikan Orang Tua dan Pola Asuh Orang Tua dengan Pengungkapan Diri Siswa di SMK Negeri 2 Malang

Thoyiva Normayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Normayanti, Thoyiva. 2010. Hubungan Antara Latar Pendidikan Orang Tua dan Pola Asuh Orang Tua dengan Pengungkapan Diri Siswa di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Henny Indreswari, M.Pd (2) Drs. Djoko Budi Santoso

 

Kata Kunci : latar pendidikan, pola asuh, pengungkapan diri

 

            Seringkali remaja mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dalam hubungan sosial yang lebih luas dan majemuk terutama dalam hal komunikasi dengan orang lain. Dalam dunia pendidikan formal dan nonformal remaja mengalami kesulitan berkomunikasi terhadap guru, teman atau staf sekolah yang dapat menghambat perkembangan individu. Guna mengatasi hal ini diperlukan cara jitu dalam memelihara komunikasi yakni dengan mengungkapkan pikiran dan perasaan secara terbuka dan berani pada orang lain serta mendengarkan orang lain yang sedang mengungkapkan diri kepada kita.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) latar pendidikan orang tua, (2) pola asuh orang tua, (3) keterampilan pengungkapan diri siswa, (4) ada tidaknya hubungan antara latar pendidikan orang tua dengan pola asuh orang tua, (5) ada tidaknya hubungan antara pola asuh orang tua dengan pengungkapan diri, (6) ada tidaknya hubungan antara latar pendidikan orang tua, pola asuh orang tua dengan pengungkapan diri siswa SMK Negeri 2 Malang.

Rancangan penelitian ini adalah deskriptif koresional. Populasi penelitian adalah semua siswa SMK Negeri 2 Malang. Sampel penelitian sebanyak 164 siswa ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket pola asuh orang tua dan angket keterampilan pengungkapan diri. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, korelasi inferensial (dengan formula regresi ganda dan regresi sederhana).

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) latar pendidikan orang tua siswa  adalah sekolah menengah, (2) orang tua memiliki kecenderungan pola asuh yang positif, (3) sangat banyak siswa yang memiliki pengungkapan diri dengan klasifikasi sedang, (4) ada hubungan antara latar pendidikan dengan pola asuh orang tua, (5) ada hubungan yang signifikan secara simultan ataupun secara parsial antara pola asuh orang tua dengan pengungkapan diri, (6) ada hubungan yang signifikan secara simultan ataupun secara parsial antara latar pendidikan dan pola asuh orang tua dengan pengungkapan diri siswa SMK Negeri 2 Malang, latar pendidikan orang tua dan pola asuh orang tua juga berkonstribusi terhadap pengungkapan diri siswa SMK Negeri 2 Malang.

Berdasarkan kesimpulan tersebut, diajukan beberapa saran berikut: 1) Kepada konselor disarankan untuk meningkatkan layanan bimbingan mengenai pengungkapan diri siswa melalui pelatihan-pelatihan atau konseling kelompok, juga memberikan informasi kepada orang tua mengenai pola asuh orang tua yang positif yang dapat mendukung pengungkapan diri anak. 2) Kepada guru disarankan untuk meningkatkan komunikasi dengan siswa dalam proses belajar mengajar guna peningkatkan keterampilan pengungkapan diri siswa dengan memberi kesempatan pada siswa untuk mengeluarkan pendapat atau menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan matapelajaran yang dianggap kurang dimengerti oleh siswa 3) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dengan tema sejenis, disarankan agar mengembangkan penelitian ini dengan cara menambah variabel-variabel bebas dan menggunakan metode penelitian yang lainnya, seperti metode penelitian kualitatif ataupun metode penelitian eksperimental.