SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Korelasi Antara Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional dengan Komitmen Organisasi Pada Karyawan PT. Telkom Cabang Blimbing Malang.

Aminatul Zuhriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Zuhriyah, Aminatul. 2010. Korelasi Antara Persepsi  Gaya Kepemimpinan Transformasional dengan Komitmen Organisasi Pada Karyawan PT. Telkom Cabang Blimbing Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si, (II) Diah Sulistyarini, M.Psi.

 

Kata Kunci : Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Organisasi

 

            Komitmen organisasi karyawan merupakan orientasi seseorang pada organisasi tempatnya bekerja, sehingga bersedia menyumbangkan tenaganya dan mengikat dirinya melalui aktivitas-aktivitas dan keterikatan dalam organisasi untuk mencapai tujuan atau kesuksesan organisasi. Persepsi karyawan terhadap gaya kepemimpinan transformasional sangat diperlukan untuk meningkatkan komitmen organisasi dan tercapainya tujuan organisasi dengan hasil yang memuaskan.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi karyawan terhadap gaya kepemimpinan transformasional pimpinan (2) tingkat komitmen organisasi pada karyawan (3) korelasi antara persepsi gaya kepemimpinan transformasional dengan komitmen organisasi pada karyawan PT. Telkom Cabang Blimbing Malang. Rancangan penelitian yang digunakan deskriptif-korelasional dengan subyek penelitian karyawan PT. Telkom Cabang Blimbing Malang berjumlah 52 orang. Instrumen yang digunakan adalah Skala Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Skala Komitmen Organisasi model Likert. Analisis deskriptif menggunakan mean dan standar deviasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi karyawan terhadap gaya kepemimpinan transformasional pimpinan PT. Telkom Cabang Blimbing Malang pada tingkat sedang yaitu sebesar 63,46% (33 orang), (2) tingkat komitmen organisasi pada karyawan PT. Telkom Cabang Blimbing Malang pada tingkat sedang yaitu sebesar 61,54% (32 orang), (3) terdapat korelasi positif antara persepsi gaya kepemimpinan transformasional dengan komitmen organisasi pada karyawan PT. Telkom Cabang Blimbing Malang (rxy= 0,355; p=0,010). Ini berarti hipotesis penelitian ini diterima.

            Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang diberikan adalah: (1) pimpinan PT. Telkom Cabang Blimbing Malang hendaknya memperhatikan gaya kepemimpinan transformasional sebagai salah satu faktor penunjang komitmen organisasi pada karyawan, (2) diharapkan kepada karyawan untuk lebih melibatkan diri dan bersedia memberikan segala kemampuannya, (3) diharapkan kepada perusahaan merealisasikan satu set etika kerja yang dikenal sebagai The TELKOM Way 135.