SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KORELASI ANTARA SELF DISCLOSURE DENGAN KEMAMPUAN HUBUNGAN INTERPERSONAL PADA REMAJA AWAL YANG MENGALAMI KRISIS PSIKOSOSIAL

Eri Wiyati

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Wiyati, Eri. 2010. Korelasi Antara Self Disclosure Dengan Kemampuan Hubungan Interpersonal Pada Remaja Awal Yang Mengalami Krisis Psikososial. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Weni Utami M.Si, (2) Ika Andrini Farida S.Psi, M.Si

 

Kata kunci: Self Disclosure, Kemampuan Hubungan Interpersonal, Remaja Awal.

 

Remaja yang tidak dapat mengungkapkan perasaan dan kurang memiliki hubungan interpersonal yang baik, sering mengalami stres, baik  di rumah, stres di sekolah maupun di jalanan. Salah satu faktor penyebab timbulnya tawuran atau perkelahian antar remaja adalah kurangnya kemampuan hubungan interpersonal pada remaja awal. Mereka kurang mampu untuk mengungkapkan perasaan dan ide-ide dalam dirinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) tingkat self disclosure pada remaja awal yang mengalami krisis psikososial, (2) tingkat kemampuan hubungan interpersonal pada remaja awal yang mengalami krisis psikososial, (3) hubungan antara self disclosure dengan kemampuan hubungan interpersonal pada remaja awal yang mengalami krisis psikososial.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional, dengan populasi penelitian siswa kelas VII SMPN 2 Blitar. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Simple Random Sampling dengan subyek sebanyak 70 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen skala Self Disclosure dan skala Kemampuan Hubungan Interpersonal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment dari Karl Pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari 70 siswa, 52 siswa (74,29%) memiliki tingkat self disclosure sedang, (2) dari 70 siswa, 43 siswa (61,43%) memiliki tingkat kemampuan hubungan interpersonal sedang (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara self disclosure dengan kemampuan hubungan interpersonal pada remaja awal yang mengalami krisis psikososial (r=0,572; p