SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Software Daftar Cek Masalah (DCM) Siswa Sekolah Dasar

Agustina Dwi Ayu Permatasari

Abstrak


Abstrak

 

Ayu, Dwi Agustina. 2010. Pengembangan Aplikasi Software Daftar Cek Masalah (DCM) Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan BKP, FIP, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd, (II) Dr. Hj. Nur Hidayah, M.Pd.

 

Kata kunci: aplikasi software, Daftar Cek Masalah (DCM), siswa Sekolah Dasar.

Dewasa ini banyak sekali individu yang tugas perkembangnnya tidak tuntas dan banyak pula individu yang seharusnya menyelesaikan tugas perkembangannya pada masanya tetapi individu tersebut menyelesaikan tugas perkembangannya pada periode selanjutnya, walaupun setiap individu memiliki tugas-tugas perkembangnnya masing-masing. Permasalahan yang terjadi tidk hanya pada orang dewasa dan remaja saja, namun saat ini anak usia 10-12 tahun sudah mengalami masalah. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa diperlukan suatu inovasi terbaru yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami permasalahan yang sedang dan telah dihadapinya. Inovasi ini dapat dilakukan dengan cara mengembangkan sebuah produk aplikasi software, dimana saat ini perkembangan teknologi semakin maju dan pada umumnya siswa Sekolah Dasar sudah mampu mengoprasikan komputer sebagai sarana belajar

Penelitian ini bertujuan untuk membantu konselor dan guru BK mengetahui permasalahan yang sedang maupun telah dihadapi oleh siswa kelas 4, 5 dan 6 Sekolah Dasar, serta membantu konselor atau guru BK dalam memudahkan pengumpulan data dan memudahkan dalam menganalisis data secara benar dan tepat.

Kegiatan pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan Borg and Gall (1983), yang penerapannya dilakukan adaptasi, disesuaikan dengan kondisi lapangan dan kebutuhan penelitian. langkah paenelitian ini dilakukan mulai dari need assessment, kemudian penyususnan produk yang selanjutnya dilakukan validasi pada uji ahli dan uji kelompok kecil.

Hasil dari kegiatan pengembangan ini adalah aplikasi software Daftar Cek Masalah (DCM) siswa Sekolah Dasar. hasil akhir menunjukan bahwa software ini telah memenuhi syarat ketepatan dan kelayakan sebagai produk hasil pengembangan. Software ini telah teruji validitasnya yang dilakukan oleh ahli bahasa, ahli content, dan ahli media serta uji kelompok kecil untuk mengetahui validitas dan kesesuaian isi pernyataan dengan dasar teori yang digunakan, yaitu modifikasi antara teori dari Hurlock (1978), Piaget (1967 dalam Santrock, 2002), Santrock (2002), Kholberg (1969 dalam Slavin, 2008), dan Vygotsky (1960). Penilaian dari ketiga ahli tersebut berupa penilaian terhadap isi, kesesuaian bahasa, bentuk media dan juga menilai buku petunjuk penggunaan media atau yang disebut dengan manual book.  Penilaian ahli content menunjukkan rata-rata skor yang diberikan pada deskriptor tiap aspek perkembangan adalah “4”, hal ini menunjukkan bahwa deskriptor sesuai dengan teori yang digunakan. Untuk mengetahui kelayakan aplikasi software Daftar Cek Masalah (DCM) ini juga diuji cobakan pada uji ahli bahasa, uji ahli media dan uji kelompok kecil. Hasil uji coba produk yang diujikan pada ahli bahasa, media dan kelompok kecil menunjukan bahwa media ini layak untuk digunakan.

Saran yang dapat disampaikan untuk penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) saran pemnfaatan produk yaitu untuk mengoptimalkan pemanfaatan Daftar Cek Masalah (DCM) siswa Sekolah Dasar dalam bentuk software ini disarankan jika mengalami kesulitan dalam mengoprasikan menu yang sudah ada, silahkan melihat buku panduan yang sudah ada. (2) bagi peneliti lanjutan, yaitu perlunya mengadakan pengembangan butir-butir pernyataan yang lebih luas dalam aspek perkembangan kreativitas, bermain, minat dan lain sebagainya dengan melakukan uji lapangan secara lebih luas lagi, perlu menyesuaikan dengan karakteristik dan problematik siswa Sekolah Dasar secara umum dan meluas, hendaknya perlu dilakukan pengembangan secara bertahap agar aplikasi software Daftar Cek Masalah (DCM) siswa Sekolah Dasar ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan fasilitas WEB (on-line), termasuk desain software yang ada sehingga lebih menarik bagi pengguna.