SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SOFTWARE INVENTORI GAYA BELAJAR BAGI SISWA SMP

PEBI DINASTRIANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Dinastriani, Pebi. 2010. Pengembangan Software Inventori Gaya Belajar Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.  (2) Dr. Andi Mappiare A.T, M.Pd.

 

Kata kunci: Inventori, Gaya Belajar, Software

 

Penelitian pengembangan software inventori gaya belajar bagi siswa sekolah menengah pertama ini bertolak pada ketiadaannya alat pengumpul data non tes sebagai penunjang layanan bimbingan bidang belajar berupa inventori gaya belajar yang memiliki validitas dan reliabilitas.  Dengan perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat, maka instrumen non tes yang biasanya dalam bentuk manual kini mampu diolah menjadi lebih praktis dan efisien dengan menggunakan teknologi komputer atau nama lainnya software. Berdasarkan penjabaran tersebut, maka dibuatlah software inventori gaya belajar untuk mengolah data siswa.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan software inventori gaya belajar bagi siswa sekolah menenngah pertama yang bentuk dan kontennya memiliki validitas dan reabilitas yang memadai.  

Metode penelitian yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yaitu dengan tahapan (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji ahli, (5) revisi hasil uji ahli, (6) uji coba produk, (7) penyempurnaan produk hasil. 

Hasil uji validitas dan reliabilitas menyatakan bahwa tingkat validitas inventori ini dinyatakan memiliki validitas yang memadai karena memiliki nilai korelasi yang cukup tinggi terhadap nilai korelasi skor total. Sedangkan uji reliabilitas menghasilkan koefisien alpha cronbach reliabilitas yang tinggi karena memiliki nilai reliabilitas sebesar 0.888 sehingga menempati angka korelasi antara 0.800 - 1.000 dengan kriteria tinggi. Sebelumnya software inventori gaya belajar ini telah melalui tahapan uji ahli dan kelompok untuk melakukan revisi sebelum draft di uji cobakan di lapangan dan diperoleh produk akhir yang sempurna. Dengan demikian software inventori gaya belajar ini menghasilkan bentuk dan konten yang dinyatakan valid dan reliable serta dilengkapi buku panduan penggunaannya.  

Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: (1) perlunya penormaan inventori berdasarkan data lapangan yang telah didapat. (2) pengujian lapangan dengan subjek yang lebih besar lagi serta (3) pemanfaatan lebih luas, software inventori gaya belajar ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan fasilitas internet.