SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 UDANAWU KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2009/ 2010

Happy Nur Firdausi

Abstrak


ABSTRAK

 

Firdausi, Happy Nur. 2010. Hubungan Iklim Sekolah dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Udanawu Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dra. Ella Faridati Zen, M. Pd. (II) Drs. Harmiyanto.

 

Kata kunci: iklim sekolah, motivasi berprestasi

 

Iklim sekolah adalah kondisi psikologis yang dapat diamati dan diinterpretasikan oleh siswa, meliputi kondisi sekolah yang diciptakan sehingga mempengaruhi sikap civitas sekolah. Iklim sekolah yang dirasa kondusif dapat menumbuhkan semangat yang memungkinkan kegiatan-kegiatan di kelas berlangsung dengan baik. Dengan adanya iklim sekolah positif maka diharapkan dapat mendorong peningkatkan motivasi berprestasi siswa. Motivasi berprestasi ini penting dalam pencapaian tujuan hasil belajar yang baik maka seseorang akan mendapatkan penghargaan dari orang lain. Karena keragaman pendapat tentang iklim sekolah yang dirasakan oleh para siswa maka kemungkinan motivasi berprestasi siswa berbeda-beda pula.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kondisi iklim sekolah yang ada di SMP Negeri Udanawu Blitar, (2) tingkat motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP Negeri Udanawu Blitar, dan (3) hubungan antara iklim sekolah dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP Negeri Udanawu Blitar.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Udanawu Blitar tahun ajaran 2009/2010. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling, diperoleh sampel penelitian dengan jumlah 98 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket model skala Likert. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif (persentase) dan analisis korelasi Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) cukup banyak siswa berpendapat iklim sekolah cukup kondusif, (2) cukup banyak siswa memiliki motivasi berprestasi sedang, (3) dari hasil pengujian hipotesis dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP Negeri Udanawu Blitar.

Berdasarkan simpulan penelitian ini, disarankan pada kepala sekolah untuk senantiasa menjaga iklim sekolah positif. Kepada konselor diharapkan dapat berperan serta menciptakan iklim sekolah positif dengan cara menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan pihak sekolah dan senantiasa menjadi motivator bagi para siswa baik secara individu maupun kelompok. Kepada guru diharapkan dapat menciptakan iklim positif dalam kelas dengan memberikan perhatian menyeluruh pada semua siswa dan menghargai usaha siswa dalam menyelesaikan tugas sehingga dapat menumbuhkan motivasi pada diri siswa.