SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Metode Yoga-Pilates Untuk Menurunkan Kecemasan Ibu Hamil Dalam Menghadapi Persalinan Pertama

Ratih Putri Pratiwi,

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Ratih Putri. 2010. Efektivitas Metode Yoga-Pilates Untuk Menurunkan Kecemasan
Ibu Hamil Dalam Menghadapi Persalinan Pertama. Skripsi, Jurusan
Bimbingan Konseling dan Psikologi, FIP Universitas Negeri Malang.
Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si, (II) Fattah Hidayat, S.Psi, M.Si.

 

Kata Kunci: yoga pilates, kecemasan, ibu hamil

 

Masa kehamilan pada wanita merupakan peristiwa yang membahagiakan dalam kehidupannya, namun terkadang wanita juga mengalami kecemasan Kecemasan tersebut dikarenakan adanya perubahan fisik maupun psikologis yang membuat wanita memiliki ketakutan tentang hal-hal yang akan terjadi selama kehamilan. Oleh karena itu agar ibu hamil tidak mengalami kecemasan perlu mempersiapkan segala hal yang bisa membantu selama masa hamil serta saat proses melahirkan. Salah satunya adalah dengan melakukan Yoga Pilates. Yoga Pilates merupakan metode pelatihan fisik yang memberikan manfaat pada tubuh baik secara fisik maupun psikologis bagi ibu hamil.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi kecemasan kelompok ibu hamil yang tidak dikenai treatmen metode Yoga-Pilates, 2) deskripsi kecemasan kelompok ibu hamil yang dikenai treatmen metode Yoga-Pilates, 3) efektivitas metode Yoga-Pilates untuk menurunkan kecemasan ibu hamil menghadapi persalinan pertama.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental, dengan nama desain Randomized Posttest Only Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode Yoga Pilates. Sedangkan variabel terikatnya adalah kecemasan menghadapi persalinan pertama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan ibu hamil. Jumlah subjek penelitian adalah 20 orang yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 10 orang sebagai kelompok eksperimen dan 10 orang sebagai kelompok kontrol.

Uji hipotesis yang digunakan adalah uji statistik U Mann Whitney. Hasil uji hipotesis menunjukkan U hitung < U tabel yaitu 17,5 < 23 (p