SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN TINGKAT IMAGINARY AUDIENCE BERDASARKAN TAHAPAN PERILAKU MEROKOK DAN TAHAPAN PERKEMBANGAN REMAJA DI KOTA MALANG

Rakhmi Mashita

Abstrak


ABSTRAK

 

Mashita, Rakhmi. 2010. Perbedaan Tingkat Imaginary Audience Berdasarkan Tahapan Perilaku Merokok dan Tahapan Perkembangan Remaja di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Adi Atmoko, M.Si, (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: Tingkat Imaginary Audience, Tahapan Perilaku Merokok, Tahapan Perkembangan Remaja.

 

Perilaku merokok yang dilakukan remaja merupakan fenomena memprihatinkan yang banyak terjadi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat imaginary audience berdasarkan tahapan perilaku merokok dan tahapan perkembangan remaja. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian perkembangan cross-sectional terhadap 300 remaja laki-laki SMP, SMA dan Perguruan Tinggi yang mewakili lima kecamatan di Kota Malang, yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan skala imaginary audience dan skala tahapan perilaku merokok. Kedua skala  tersebut memiliki validitas konsistensi internal setiap item lebih besar dari nilai r-tabel (0.116; sig. 0.05; df = 300) dan reliabilitas skala sebesar 0.916 dan 0.957. Data dianalisis dengan uji grafik, crosstab-eta test, uji beda kruskall-wallist test dan two-sample kolmogrof-smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat imaginary audience berdasarkan: (1) seluruh tahapan perilaku merokok (chi-square 31.480, Asymp.Sig 0.000) dan juga antar tahapan perilaku merokok (Tahap I Vs Tahap II KS 9.337, Asymp.Sig 0.000; Tahap I Vs Tahap III KS 6.484, Asymp.Sig 0.000; Tahap I Vs Tahap IV KS 21.224, Asymp.Sig 0.000; Tahap II Vs Tahap III KS 2.578, Asymp.Sig, 0.000; Tahap II Vs Tahap IV KS 14.039, Asymp.Sig 0.000). ( 2) seluruh tahapan perkembangan remaja (chi-square 13.870, Asymp.Sig 0.001), dan juga antar tahapan perkembangan remaja (Tahap Awal Vs Tahap Tengah KS 2.008, Asymp.Sig 0.000; Tahap Awal Vs Tahap Akhir KS 12.819, Asymp.Sig 0.000; Tahap Tengah Vs Tahap Akhir KS 12.874, Asymp.Sig 0.000) Perbedaan pada masing-masing tahapan menunjukkan tingkat imaginary audience berkembang dengan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan pada peneliti lainnya menambahkan aspek terkait imaginary audience lainnya, jumlah subjek penelitian, instrumen yang digunakan serta mengembangkan wilayah penelitian. Bagi orangtua agar memilih pendekatan melalui metode sharing untuk membantu remaja mengarahkan imaginary audience yang muncul pada remaja ke arah positif untuk menghentikan perilaku merokok. Bagi pendidik dan sekolah disarankan mengadakan dan mengembangkan pelatihan imaginary audience bertema "it's me"yang disusun oleh peneliti. Sedangkan bagi subjek penelitian disarankan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan pengembangan diri yang dilaksanakan oleh pendidik dan sekolah.