SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS EKSPEKTASI SISWA MENGENAI KARAKTER OTORITAS SEKOLAH DAN KEDISIPLINAN SISWA MA PP. AL-AMIEN PUTRI 1 PRENDUAN

Imaniyatul Fithriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fithriyah, Imaniyatul. 2010. Analisis Ekspektasi Siswa mengenai Karakter Otoritas Sekolah dan Kedisiplinan Siswa MA PP. Al-Amien Putri 1 Prenduan. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Andi Mappiare-AT,   M. Pd, (II) Drs. Hariadi Kusumo

 

Kata kunci: Ekspektasi karakter otoritas sekolah, kedisiplinan

 

Ekspektasi mengenai karakter otoritas sekolah adalah penilaian, pemikiran, dan perasaan siswa mengenai sifat kepemimpinan yang menyangkut keadaan sekarang dan merujuk kepada pengharapan atau keinginan di masa yang akan datang. Kedisiplinan siswa adalah keadaan tertib/sikap siswa yang tergabung sebagai warga sekolah yang menunjukkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan atau tata tertib yang berlaku. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah deskripsi penilaian siswa mengenai karakter otoritas sekolah di MA PP.  Al-Amien Putri 1 Prenduan? (2) bagaimanakah deskripsi pengharapan siswa mengenai karakter otoritas sekolah di MA PP. Al-Amien Putri 1 Prenduan? (3) bagaimanakah deskripsi tingkat kedisiplinan siswa MA PP. Al-Amien Putri 1 Prenduan?

Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui deskripsi penilaian siswa mengenai karakter otoritas sekolah di MA PP. Al-Amien Putri 1 Prenduan. (2) untuk mengetahui deskripsi pengharapan siswa mengenai karakter otoritas sekolah di MA PP. Al-Amien Putri 1 Prenduan. (3) untuk mengetahui deskripsi tingkat kedisiplinan siswa MA PP. Al-Amien Putri 1 Prenduan.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI MA PP. Al-Amien Putri 1 Prenduan tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah 204 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Proportional Stratified Random Sampling dengan jumlah 135 orang. Jenis instrumen yang digunakan adalah kuesioner ekspektasi siswa mengenai karakter otoritas sekolah dan kuesioner kedisiplinan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan banyak siswa MA PP. Al-Amien Putri 1 yang setuju bahwa kepala sekolah/guru memiliki sifat kepemimpinan otoritatif dan siswa MA PP. Al-Amien Putri 1 mengharapkan kepala sekolah/guru memiliki sifat kepemimpinan demokratik-egalitarian. Sedangkan  tingkat kedisiplinan siswa MA PP. Al-Amien 1 Putri Prenduan termasuk dalam kategori tinggi.

Dari penelitian ini, diharapkan para otoritas sekolah lebih memperhatikan ekspektasi siswa, sedangkan bagi peneliti yang meneliti serupa dapat memperluas sampel penelitian sehingga hasil yang diperoleh dapat memperkuat hasil penelitian ini.