SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN DENGAN TEKNIK PERMAINAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA

Vivin Okvianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Okvianti, Vivin. 2010. Pengembangan Paket Bimbingan Dengan Teknik Permainan Kelompok Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa. Skripsi, Jurusan BKP, FIP, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Triyono, M. Pd, (2) Dr. Nur Hidayah, M.Pd.     

 

Kata kunci: bimbingan belajar, kerjasama, permainan kelompok

              

            Manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial. Manusia hanya dapat hidup dan berkembang dengan berhubungan dan bekerjasama dengan manusia lain. Hampir sebagian besar waktu dalam kehidupan manusia digunakan untuk berhubungan dengan orang lain. Sepanjang rentang kehidupan manusia, masa remaja adalah masa dimulainya seorang individu memasuki satu bentuk hubungan antar pribadi terkait dengan keterampilan remaja dalam berhubungan sosial, sehingga bekerjasama secara efektif dan diterima dalam kelompoknya. Dalam satu permainan untuk  meningkatkan kerjasama yakni salah satunya adalah permainan kelompok.

            Sesuai latar belakang di atas, maka tujuan pengembangan dalam penelitian ini adalah menghasilkan paket bimbingan dengan teknik permainan kelompok  untuk meningkatkan kerja sama siswa. Di samping itu untuk mengetahui kegunaan (utility), keterlaksanaan (visibility), kejelasan, kemenarikan, dan ketepatan (accuracy) paket permainan untuk meningkatkan kerjasama siswa.

            Rancangan penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah dari Dick and Carey (1990). Langkah-langkah dari Dick and Carey yang digunakan penulis dalam penelitian ini meliputi tahap pra pengembangan, pengembangan dan tahap pasca pengembangan.

            Paket permainan ini telah dinilai oleh dua ahli dan seorang calon pengguna produk. Secara kuantitatif, hasil penilaian dari para ahli adalah tepat/jelas/menarik/sesuai khususnya dalam meningkatkan kerjasama siswa. Sedangkan untuk penilaian terhadap pedoman pengembangan paket hasilnya adalah buku paket pengembangan permainan kelompok ini tepat/jelas/menarik/sesuai. Para ahli juga memberi masukan untuk menyesuaikan judul, tujuan umum dan evaluasi.

Setelah produk direvisi, kemudian dilakukan uji coba kepada calon pengguna produk. Secara kuantitatif, hasil penilaian untuk pedoman paket dari  calon pengguna produk adalah untuk aspek kegunaan (utility) mendapatkan nilai 3 yang berarti  paket bimbingan kelompok berguna untuk meningkatkan kerjasama siswa dengan menggunakan teknik permainan kelompok. Untuk kejelasan mendapatkan skor 3 yang berarti paket bimbingan kelompok jelas untuk meningkatkan kerjasama siswa dengan teknik permainan kelompok. Untuk kemenarikan mendapatkan skor 3 yang berarti paket bimbingan kelompok menarik untuk meningkatkan kerjasama siswa dengan teknik permainan kelompok. Dan untuk ketepatan (accuracy) mendapatkan skor 3 yang berarti paket bimbingan kelompok tepat untuk meningkatkan kerjasama siswa dengan menggunakan teknik permainan kelompok.

Saran untuk penelitian ini adalah kegiatan bermain tidak terjadi dengan sendirinya oleh karena itu selain memberikan permainan kepada siswa, konselor juga disarankan untuk memiliki kemampuan dalam memahami teknik-teknik bermain dan mengembangkannya.