SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Pelatihan Regulasi Diri untuk Siswa SMP

Veronica Damay Rulitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Rulitasari, Veronica Damay. 2010. Pengembangan Paket Pelatihan Regulasi Diri untuk Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Henny Indreswari, M. Pd, (II) Dr. M. Ramli, M. A.

 

Kata kunci: paket pelatihan, regulasi diri, siswa SMP

 

Manusia memerlukan tujuan dan perencanaan yang baik dalam menentukan setiap langkah yang akan dilalui, namun tidak jarang tujuan yang telah ditetapkan tidak dapat tercapai dengan baik karena kurangnya perencanaan yang baik dan kedisiplinan diri untuk tetap fokus terhadap tujuannya. Selain faktor kemampuan pribadi individu, lingkungan yang mendukung, dan kepribadian individu, dibutuhkan faktor lain, yaitu kemampuan regulasi diri. Berdasarkan data yang diambil dari penelitian di SMP Negeri 13 Malang, siswa masih belum mendapatkan pelatihan regulasi diri. Siswa belum memiliki kesadaran belajar dari dalam dirinya, dan masih mengandalkan instruksi dari orang lain. Hal tersebut yang menjadi latar belakang disusunnya paket pelatihan regulasi diri siswa SMP, dan rumusan masalah peneliti adalah belum adanya media bimbingan dalam bentuk paket pelatihan regulasi diri siswa SMP.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan seperangkat paket pelatihan regulasi diri siswa SMP, beserta panduan untuk konselor, yang dapat digunakan dalam memberikan bimbingan pribadi dan bimbingan belajar.

Berdasarkan hasil kajian pustaka dan analisis need assessment, peneliti menyusun draf paket, kemudian melakukan uji ahli. Tahap pertama oleh ahli BK untuk menilai dan memberi masukan tentang materi paket. Selanjutnya, draf juga dinilai oleh ahli bahasa yang menilai tata bahasa paket dan kemudahan kata atau kalimat untuk dipahami di dalam paket. Tahap kedua dinilai oleh calon pengguna produk. Berdasarkan uji ahli, peneliti mendapatkan data kuantitatif dan data kualitatif untuk melakukan revisi produk. Setelah melakukan revisi produk. Tahap ketiga, yaitu uji kelompok kecil, yang dilakukan kepada siswa di kelas, dan siswa diminta untuk mengisi angket untuk menilai paket pelatihan regulasi diri.

Berdasarkan uji ahli, hasil penelitian ini memiliki skor rata-rata 3,3 yang artinya sangat berguna, sangat tepat, sangat layak dan sangat menarik. Dari hasil uji kelompok kecil, menunjukkan bahwa langkah-langkah pelatihan mudah diikuti, dan tampilan paket menarik.

Berdasarkan hasil penelitian pengembangan paket pelatihan regulasi diri siswa SMP, maka (1) konselor hendaknya menggunakan paket ini sesuai dengan petunjuk penggunaan paket pelatihan regulasi diri untuk siswa SMP; (2) saran untuk peneliti selanjutnya, hendaknya memperluas populasi dan subyek penelitian agar didapatkan data generalisasi yang lebih luas dan paket dapat digunakan di pada sekolah-sekolah yang lain; dan (3) panelitian ini hanya terbatas pada SMP Negeri 13, apabila akan menggunakan paket pelatihan ini di sekolah lain, maka perlu dilakukan penyesuaian dengan karakteristik siswa maupun sekolah yang akan menggunakan paket pelatihan ini.