SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LAYANAN DASAR BK BERTEMA MANAJEMEN STRES BERBASIS WEB

WENI KURNIA RAHMAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Weni Kurnia. 2010. Pengembangan Layanan Dasar BK Bertema Manajemen Stres Berbasis Web. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd. (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.

 

Kata Kunci: Layanan Dasar, Bimbingan dan Konseling, Manajemen Stres, Web.

 

Bimbingan dan Konseling sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu (siswa), dilaksanakan melalui berbagai macam layanan, salah satu layanan dasar. Salah satu cara untuk membuat proses pemberian layanan bimbingan menarik dan tidak membosankan adalah dengan media pembelajaran komputer berbasis web. Di SMAN 10 Malang pemberian layanan dalam bimbingan dan konseling lebih banyak terfokus secara tatap muka dan belum memiliki media berbasis web.  Layanan dasar memiliki topik yang bermacam-macam, salah satunya layanan dasar manajemen stres. Manajemen stres merupakan suatu kemampuan yang dimiliki individu untuk mengurangi stres dan mencari cara untuk bisa mengelola stres.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk layanan dasar BK bertema manajemen stres berbasis web yang bisa digunakan oleh siswa maupun konselor di sekolah. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan Borg and Gall. Model Borg and Gall meliputi tahapan: 1) melakukan penilaian kebutuhan (need assesment), 2) analisis data dan penetapan prioritas kebutuhan, 3) merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus, 4) menyusun isi materi bertema manajemen stres, 5) penilaian produk oleh ahli media dan materi, 6) revisi produk dari hasil uji ahli, 7) hasil revisi produk, 8) diskusi calon pengguna produk yang terdiri atas 10 orang siswa kelas X-1 SMAN 10 Malang), 9) revisi produk calon pengguna, 10) produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini angket untuk penilaian kebutuhan, penilaian kelayakan item soal pengukuran stres, uji ahli media dan materi serta uji kelompok kecil.

Produk berupa aplikasi website yang diakses melalui online dengan alamat www.manajemenstressweni.fienixcode.com. Produk perangkat lunak ini dirancang dengan menggunakan software joomla. Produk ini berisi tentang menu utama yang terdiri dari pendahuluan tentang latar belakang sebelum memasuki materi inti, petunjuk pemanfaatan, latar belakang penulis, daftar rujukan, buku tamu yang berisi saran atau kritikan, forum diskusi untuk bertukar pendapat antar teman dan konselor. Selain itu juga terdapat menu anggota yang berisi detail profil user yang mengakses, pengukuran stres, materi dan kuis manajemen stres. Menu laporan yang berisi tentang perkembangan pengukuran stres dan laporan perkembangan kuis manajemen stres. Sebelum intrumen pengukuran stres digunakan dalam web terlebih dahulu diuji kevalidan yang dilaksanakan oleh 25 siswa kelas X-1 dengan hasil valid dengan skor rata-rata valid 0.57292.

Uji ahli media yaitu satu dosen TEP dan asisten dosen TEP, dengan hasil validasi dari ahli media I mendapatkan skor rata-rata 3,5 dengan interpretasi sangat sesuai. Sedangkan dari validasi ahli media II mendapatkan skor rata-rata 3,4 dengan interpretasi sangat sesuai. Jadi total skor rata-rata keseluruhan dari ahli media I dan II adalah 3,45 yang berarti sangat sesuai. Ahli materi yaitu salah satu dosen BK dan konselor SMAN 10 Malang, dengan hasil validasi dari ahli materi I mendapatkan skor rata-rata 3,2 dengan interpretasi sangat berguna. Sedangkan dari validasi ahli materi II mendapatkan skor rata-rata 3,7 dengan interpretasi sangat berguna. Jadi total skor rata-rata secara keseluruhan dari ahli media I dan II adalah 3,45 yang berarti sangat berguna. Jadi berdasarkan hasil penilaian ahli media dan ahli materi, dapat disimpulkan bahwa web yang disusun berklasifikasi sangat berguna dan dapat digunakan oleh siswa. Sedangkan hasil penilaian calon pengguna (uji kelompok kecil) menghasilkan jumlah skor 3,5 yang berarti sangat berguna/akurat.

Berdasarkan hasil penilaian ahli media, ahli materi, dan uji kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini yaitu web telah memenuhi kevalidan dan layak digunakan oleh siswa. Saran dari kepada pihak sekolah khususnya konselor hendaknya memanfaatkan software online untuk mengetahui keefektifan produk yang dihasilkan sehingga pemberian layanan bimbingan lebih maksimal.