SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Pelatihan Efikasi Diri untuk Mengatasi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian

Septi Ratna Dwi Arumsari

Abstrak


ABSTRAK

 

Arumsari, Septi Ratna Dwi. 2010. Pengembangan Paket Pelatihan Efikasi Diri untuk Mengatasi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pndidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Henny Indreswari, M.Pd., (II) Dr. M. Ramli, MA.

 

Kata kunci: paket pelatihan, efikasi diri, kecemasan menghadapi ujian.

 

Berdasarkan hasil kajian teoretis dan empiris peneliti yang dilaksanakan di SMP Negeri 13 Malang, ditemukan bahwa siswa banyak yang mengalami kecemasan dalam menghadapi ujian. Banyak siswa yang mengaku jika akan menghadapi ujian mereka merasa takut, jantung berdebar-debar, dan khawatir. Kecemasan yang dialami siswa disebabkan oleh berbagai macam sebab. Salah satunya adalah karena rendahnya tingkat efikasi diri siswa. Tingkat efikasi diri siswa dapat diketahui melalui skala pengukuran efikasi diri.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menyusun paket pelatihan efikasi diri yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan efikasi dirinya sehingga siswa dapat memiliki keyakinan dalam menghadapi segala persoalan hidupnya termasuk mengatasi kecemasan yang biasa dialami oleh siswa ketika mereka akan menghadapi ujian. Penyusunan paket pelatihan efikasi diri ini didasarkan pada fakta yang terjadi di SMP Negeri 13 Malang, kajian literatur tentang efikasi diri dan kecemasan dalam menghadapi ujian, dan angket analisis kebutuhan. Setelah paket pelatihan efikasi diri ini tersusun, maka pengembang melakukan tahap uji ahli kepada ahli BK untuk menilai materi yang ada dalam paket pelatihan efikasi diri dan ahli bahasa untuk menilai keterbacaan paket pelatihan efikasi diri. Setelah melalui proses uji ahli, maka pengembang mengujikan paket pelatihan efikasi diri kepada calon pengguna produk, yaitu kepada dua orang konselor SMP Negeri 13 Malang untuk menilai ketepatan, kegunaan, kemenarikan, dan kelayakan paket pelatihan efikasi diri untuk dilaksanakan dalam kelas. Setelah itu, pengembang melakukan tahap uji kelompok kecil untuk melaksanakan pelatihan efikasi diri dalam kelas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket pelatihan efikasi diri yang telah dikembangkan berguna, tepat, menarik, dan layak apabila dilatihkan kepada siswa dalam kelas setelah melalui beberapa tahap uji dan tahap revisi produk. Saat pelatihan efikasi diri berlangsung dalam kelas, siswa sangat tertarik untuk mengikuti pelatihan. Pengembang juga meminta kepada siswa untuk memberikan saran perbaikan terhadap pelaksanaan pelatihan di akhir kegiatan. Menurut siswa materi yang disampaikan jelas, menarik, dan cukup membantu siswa dalam menumbuhkan kepercayaan dirinya dalam menghadapi ujian.

Berdasarkan hasil pengembangan paket pelatihan efikasi diri ini, maka disarankan untuk konselor dalam memberikan materi efikasi diri hendaknya menggunakan paket pelatihan efikasi diri. Disarankan peneliti berikutnya untuk menguji keefektivitasan paket pelatihan efikasi diri ini dalam mengatasi kecemasan siswa untuk menghadapi ujian terhadap subyek penelitian yang lebih luas.