SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

tes rentang memori huruf alfabet sebagai pengganti tes rentang memori angka (digit span) untuk mengukur rentang memori jangka pendek

mardiyah hasanati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasibuan, Fika Dinita Khairunnisa. 2010.  Hubungan Antara Minat Membaca Bacaan Fiksi Anak Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Psikologi,  Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M. Ed, (II) Ninik Setiyowati, S.Psi., M.Si.

 

Kata kunci: minat membaca bacaan fiksi anak, prestasi belajar.

Keberhasilan dalam belajar sebagian  besar ditunjang oleh minat baca. Melalui kegiatan membaca, siswa dapat memperoleh informasi, fakta atau pengetahuan, sekaligus memperoleh hiburan. Dengan demikian minat baca berkaitan erat dengan prestasi belajar  para siswa. Minat membaca ditunjukkan dengan keinginan yang kuat untuk melakukan kegiatan membaca. Individu yang memiliki minat baca yang tinggi tentunya akan memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap segala hal. Bacaan yang paling menarik bagi anak adalah bacaan fiksi anak. Bacaan fiksi dapat meningkatkan kemampuan kognitif, kreativitas, dan daya imajinasi anak. Hal ini dapat menunjang prestasi anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap minat membaca bacaan fiksi anak pada siswa kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Malang.  (2) mengungkap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. (3) mengungkap hubungan antara minat membaca bacaan fiksi anak dan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2009/2010 yang berada pada tahap perkembangan masa akhir anak-anak (usia 9-12 tahun). Pada penelitian ini, subjek diminta untuk mengisi skala minat membaca bacaan fiksi anak dan kemudian skornya dikorelasikan dengan nilai rata-rata ujian akhir sekolah (UAS) semester II. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis korelasi product moment pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca bacaan fiksi siswa kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Malang yang termasuk dalam kategori tinggi sebesar 51,95% dan prestasi belajar siswa yang termasuk dalam kategori tinggi sebesar 38,96%. Selain itu juga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca bacaan fiksi anak dan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar (rxy= 0,273; p= 0,016