SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PAKET PELATIHAN ASERTIVITAS BAGI SISWA SMK NEGERI 2 MALANG

SHAFIRA .

Abstrak




ABSTRAK

 

Shafira. 2010. Pengembangan Paket Pelatihan Asertivitas Bagi Siswa SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Henny Indreswari, M.Pd., (2) Dra. Elia Flurentin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Paket pelatihan, asertivitas, siswa SMK

 

Sikap asertif perlu ditanamkan sejak dini bagi para siswa karena asertivitas bukan merupakan sesuatu yang lahiriah tetapi lebih merupakan pola sikap dan perilaku yang dipelajari sebagai reaksi terhadap berbagai situasi sosial yang ada di lingkungan. Bimbingan dan konseling sebagai bagian yang integral dari pendidikan harus dapat memberikan pemahaman yang memadai kepada para siswa mengenai pentingnya berperilaku asertif. Namun, B&K di SMK Negeri 2 Malang belum memiliki paket pelatihan asertivitas yang bermanfaat, tepat dan menarikbagi siswa SMK.

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan seperangkat Paket Pelatihan Asertivitas Bagi Siswa SMK beserta panduan pelaksanaan pelatihannya yang dapat diterima secara teoritis maupun praktis. Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri atas dua jenis, yaitu (1) paket pelatihan asertivitas bagi siswa SMK panduan untuk konselor (2) paket pelatihan asertivitas bagi siswa SMK panduan untuk siswa.

Pengembangan paket pelatihan asertivitas bagi siswa SMK ini mengikuti tahapan model pengembangan Borg and Gall. Tahapan yang dilakukan meliputi: (1) melakukan need assessment; (2) menetapkan jenis pelatihan asertivitas yang akan diberikan; (3) merumuskan tujuan; (4) menyusun prototipe paket; (5) penilaian produk oleh ahli; (6) revisi produk dari ahli; (7) penilaian produk oleh calon pengguna produk (konselor); (8) uji coba kelompok kecil (35 orang siswa); (9) revisi produk; (10) produk akhir. Untuk mengetahui paket pelatihan yang berterima secara teoritik maupun praktis dilakukan uji validitas produk kepada ahli materi, ahli bahasa, calon pengguna produk dan kelompok kecil. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data validitas adalah angket. Adapun hasil pengisian angket kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif

Hasil pengembangan menunjukkan bahwa paket pelatihan asertivitas bagi siswa SMK menurut ahli materi adalah berguna, tepat, sangat menarik,sedangkan pada ahli bahasa mencapai  kriteria berguna, tepat, sangat menarik, dan menurut calon pengguna produk paket pelatihan asertivitas ini sangat berguna, tepat, sangat menarik. Sedangkan menurut kelompok kecil dapat disimpulkan paket pelatihan asertivitas ini telah memenuhi kriteria akseptabilitas.

Saran yang diberikan adalah (1) perlu diadakan uji lapangan utama (kelompok besar), sehingga paket pelatihan asertivitas bagi siswa SMK ini benar-benar dirasakan manfaat dan kesesuaiannya pada siswa, khususnya siswa SMK, (2) perlu dibuat buku paket pelatihan asertivitas bagi siswa SMK yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa,(3) disarankan adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas penggunaan paket pelatihan asertivitas terhadap pemahaman siswa.