SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Teknik Restrukrurisasi Kognitif Dengan Media Metafora Untuk Mengubah Persepsi Prestasi Akademik Siswa di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Sitdiyah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Sitdiyah. 2010. Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif dengan Media Metafora untuk Mengubah Persepsi Prestasi Akademik Siswa di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan BKP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Triyono, M.Pd, (2) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd.

 

Kata kunci: restrukturisasi kognitif, metafora, persepsi prestasi akademik

 

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap persepsi prestasi akademik sebagian siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM) yang cenderung kurang tepat. Pada survei awal masih ditemukan siswa yang memiliki pandangan tentang nilai (akademik) itu tidak penting dan guru menjadi sumber anjloknya prestasi siswa, mungkin dengan hal tersebut membawa dampak kepada siswa menjadi malas belajar, pasrah dengan nilai yang diperoleh, pasif dalam proses pembelajaran.

Penelitian eksperimen ini menerapkan teknik restrukturisasi kognitif dengan menggunakan media metafora untuk mengubah persepsi siswa yang kurang tepat. Restrukturisasi kognitif adalah salah satu teknik pengubahan tingkah laku yang penekanannya pada penataan ulang kognitif individu. Dalam penerapan teknik restrukturisasi kognitif ini menggunakan teknik atau menggunakan metafora dalam penyampaiannya. Metafora merupakan suatu cara untuk berbicara dimana satu hal yang dinyatakan dalam bentuk lain, dimana menyatukan ini pada karakter baru yang sedang dijelaskan. Teknik restrukturisasi kognitif dengan menggunakan media metafora adalah salah satu strategi agar siswa dapat mengolah jalan cerita dari metafora dan menginterpretasinya dengan tepat.

Penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian eksperimen, dengan jenis penelitian pre experiment (pretest posttest one group design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Laboratorium UM yang berjumlah 209 orang. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh 10 orang yang memiliki skor inventori persepsi prestasi akademik di bawah 30 dan nilai di bawah SKM sebagai sampel. Metode pengumpulan data dari penelitian ini, menggunakan inventori persepsi yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan, yang telah diuji validitasnya dengan menggunakan analisis butir dan reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis datanya menggunakan statistik non parametrik berupa uji wilcoxon.

Dalam menguji hipotesis, digunakan data skor pretes dan skor postes dari kelompok eksperimen, hasil analisis menunjukkan nilai beda (z) -2,492 (tanda minus "diabaikan", karena derajat signifikan yang menentukan hipotesis tersebut ditolak atau diterima) pada derajat signifikan 0,013(< 0,05), artinya H0 ditolak. Hal ini berarti hasil dari pretes dan postes tidak identik atau tidak sama. Hal tersebut menunjukkan penerapan teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk mengubah persepsi prestasi akademik siswa di SMA Laboratorium UM.

Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian eksperimen ini adalah penerapan teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk mengubah persepsi prestasi akademik siswa di SMA Laboratorium UM. Hal tersebut terlihat dari kenaikan skor pada postes dan pekerjaan rumah siswa. Oleh karena itu, maka diajukan beberapa saran yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut: (1) saran aplikasi teknik yaitu dalam mempermudah siswa dalam mengubah persepsinya, sebaiknya memberikan penyajian fenomena/pengalaman sehari-hari dengan menggunakan metafora yang sudah terlampir (lampiran 3), serta (2) saran pengembangan, untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan teknik dan media yang sama, akan tetapi menggunakan kelompok kontrol dan waktu pelaksanaan diperpanjang agar hasil yang dicapai lebih maksimal.