SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Minat Baca dengan Kreativitas Verbal Siswa SD Negeri Klampok Kota Blitar

Yeni Indra Pristanti

Abstrak


ABSRTAK

 

Pristanti, Yeni Indra. 2010. Hubungan Antara Minat Baca dengan Kreativitas Verbal Siswa SD Negeri Klampok Kota Blitar. Skripsi, Program Studi Psikologi,Jurusan Bimbingan Konselingdan Psikologi, Fakultas Il mu Pendidikan ,Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Endang Prastuti, M.Si, (2) Diantini Ida Viatrie, S. Psi, M.Si.

 

Kata Kunci : minat baca, kreativitas verbal.

 

Kreativitas verbal merupakan hal yang sangat penting bagi anak yang mulai berinteraksi dengan orang lainya itu mempunyai kemampuan dalam mengungkapkan suatu gagasan atau ide secara lancar, luwes, fleksibel, orisinil dan elaborasi atau mampu mengembangkan atau mengelaborasi gagasan tersebut baik secara lisan maupun tertulis. Minatbaca berkaitan erat dengan tumbuh dan berkembangnya kemampuan menciptakan gagasan atau ide-ide baru dalan suatu keadaan yang baru.

Tujuan penelitian ini adalah 1)  mengetahui minat baca siswa SD Negeri Klampok Kota Blitar, 2) mengetahui kreativitas verbal siswa SD Negeri Klampok Kota Blitar, 3) mengetahui kemampuan kreativitas verbal (CQ) siswa SD Negeri Klampok Kota Blitar, 4) menegetahui adanya hubungan antara minat baca dengan kreativitas verbal siswa SD Negeri Klampok Kota Blitar.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SD Negeri Klampok Kota Blitar kelas V dan VI yang berusia 10 - 12 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 63 siswa yang terdiri dari siswa kelas VB dan VIB. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat baca dan Tes Kreativitas Verbal. Berdasarkan hasil uji coba angket minat baca menunjukkan bahwa dari 45 item hanya 37 item yang valid dengan koefisien korelasi berkisar antara 0,252 sampai 0,655 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,916. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi Product Moment.

Hasil penelitian ialah: 1) sebagian besar siswa memiliki minat baca sedang, 2) sebagian besar sisw a memiliki kreativitas verbal cukup, 3) sebagian besar siswa memiliki cukup kemampuan kreativitas verbal, dan 4) hasil korelasi antara minat baca dengan kreativitas verbal sebesar 0,885 dan p = 0,000