SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode "Penemuan Terbimbing" Pada Siswa Kelas VI SDN Ardimulyo I Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

Sugiarti .

Abstrak


ABSTRAK

 

Sugiarti, A.Ma.Pd. 2010. Guru Kelas VI SDN Ardimulyo I Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Penelitian Tindakan Kelas. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VI SDN Ardimulyo I Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Persyaratan Sertifikasi Guru Sekolah Dasar. Pembimbing : Dra. Hj. Sukamti, M.Pd.

 

Kata Kunci : prestasi belajar IPA, metode penemuan terbimbing

 

Hasil penelitian kegiatan kerja ilmiah dalam sains menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN Ardimulyo I yang ditandai dengan peningkatan prestasi belajar siswa setiap putaran. Serta dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing terjadi peningkatan pola berpikir kritis dan kreatif pada kelas yang berdampak positif terhadap hasil belajar yang dicapai lebih baik daripada tanpa diberi metode pembelajaran serupa.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode penemuan terbimbing di kelas VI SDN Ardimulyo I Kecamatan Singosari Kabupaten Malang ? (b) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran penemuan terbimbing pada siswa kelas VI SDN Ardimulyo I Kecamatan Singosari Kabupaten Malang ?

Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Mengetahui keaktifan siswa dalam proses belajar setelah diterapkannya metode pembelajaran penemuan terbimbing pada siswa kelas VI SDN Ardimulyo I Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. (b) Mengetahui peningkatan prestasi siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran penemuan terbimbing pada siswa kelas VI SDN Ardimulyo I Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Ardimulyo I Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu, siklus I (78,57 %), siklus II (89,28 %).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan keaktifan belajar dan peningkatan prestasi siswa kelas VI SDN Ardimulyo I Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.