SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Religiusitas, Kematangan Emosi, dan Kecemasan terhadap Masa Depan pada Dewasa Awal

Yanuar Indrayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Indrayani, Yanuar. 2010. Hubungan Religiusitas, Kematangan Emosi, dan Kecemasan terhadap Masa Depan pada Dewasa Awal. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed (2) Ninik Setiyowati., S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: Religiusitas, kematangan emosi, kecemasan terhadap masa depan, dewasa awal.

 

Masa dewasa awal merupakan masa transisi ketika seseorang dihadapkan pada tugas baru yang berbeda dengan masa remaja. Dalam tahap perkembangan ini pula seringkali terjadi kecemasan pada individu terkait dengan ketidakpastian dalam menghadapi masa depan. Perbedaan tingkat kecemasan setiap orang berbeda-beda,  faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah  tingkat religiusitas dan kematangan emosional. Religiusitas memegang peranan yang besar dalam menghadapi masalah, supaya kecemasan tidak berlanjut. Orang yang mempunyai kematangan emosi dapat mengontrol gejala-gejala tersebut sebelum muncul kecemasan pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas, kematangan emosi, dan kecemasan terhadap masa depan pada dewasa awal.  Penelitian ini berjenis deskriptif dan korelasional, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala religiusitas, skala kematangan emosi, dan skala kecemasan terhadap masa depan.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif, tahap perkembangan dewasa awal memiliki religiusitas sangat tinggi, kematangan emosi tinggi, dan kecemasan terhadap masa depan yang rendah. Hasil analisis korelasi product moment menghasilkan koefisien korelasi sebesar rx1y = -0,655 dengan nilai p = 0,000 (p< 0,01). Ini berarti dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara religiusitas dan kecemasan terhadap masa depan, koefisien rx2y= -0, 722 dengan nilai p= 0,000 (p