SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Remaja ditinjau dari Status Berpacaran dan Prestasi Akademik pada Siswa Kelas IX SMA Negeri se-Kecamatan Lumajang di Kabupaten Lumajang.

Nuri Sawal Riyadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Riyadi, Nuri Sawal. Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Remaja ditinjau dari Status Berpacaran dan Prestasi Akademik pada Siswa Kelas IX SMA Negeri se-Kecamatan Lumajang di Kabupaten Lumajang.

 

Harga diri merupakan salah satu faktor penting bagi remaja. Saat ini  semakin umum remaja berpacaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan harga diri ditinjau dari status berpacaran dan prestasi akademik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan sampel penelitian sebanyak 120 siswa kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Lumajang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala self esteem dan data status berpacaran dengan koefisien validitas item antara 0,302 sampai 0,634 dan koefisien reliabilitas 0,946). Analisis data menggunakan uji t-test dan one way anova.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan harga diri antara remaja yang berpacaran dan yang tidak berpacaran (t=2.852, sig = 0,005