SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN PENGUNGKAPAN DIRI SISWA SMAN KELAS XI PENGGUNA LAYANAN CHATTING MELALUI FACEBOOK DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Agung Suryo Prakoso

Abstrak



ABSTRAK

 

Prakoso, Agung Suryo. 2010. PERBEDAAN PENGUNGKAPAN DIRI SISWA SMAN KELAS XI PENGGUNA LAYANAN CHATTING MELALUI FACEBOOK DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra.Endang Prastuti, M.Si     (II) Diantini Ida Viatrie, S. Psi., M.Si  

 

Kata Kunci: Pengungkapan Diri , Chatting, Facebook,  Siswa SMAN Sekota Malang, Jenis Kelamin

 

Perbedaan jenis kelamin dapat membuat  perbedaan dalam pengungkapan diri . Jenis  kelamin  berpengaruh  terhadap  segala  aspek  kehidupan  manusia. Perbedaan  jenis  kelamin  membuat  pengungkapan  diri  yang  berbeda  pula.  Banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa rata-rata perempuan melakukan pengungkapan diri  lebih tinggi  dibandingkan  laki- laki. Penelitian lainnya mengemukakan bahwa gender berpengaruh dalam hal cara berkomunikasi. Wanita dianggap lebih banyak terlibat dalam pembicaraan yang bersifat pribadi, dan pada umunya juga wanita lebih menaruh perhatian pada kualitas interaksi atau hubungan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana Pengungkapan Diri Siswa sebagai pengguna layanan internet chatting melalui Facebook pada Siswa SMAN Kelas XI Sekota Malang, 2)Bagaimana Pengungkapan Diri Siswi sebagai pengguna layanan internet chatting melalui Facebook Siswa SMAN Kelas XI Sekota Malang, 3) Adakah perbedaan Tingkat Pengungkapan Diri antara Siswa Laki- laki dan Perempuan pada pengguna layanan  Internet Chatting melalui Facebook

Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan deskriptif dan komparatif. Populasi Penelitian adalah Siswa SMAN kelas XI Sekota Malang. Pengambilan sampel menggunakan tehnik Purposive Clustering Sampling.  Alat pengumpul data berupa skala Pengungkapan Diri yang dikembangkan berdasarkan teori dari Jourard dengan validitas antaraberkisar (rxy) =  -0,005 sampai 0,687  dan reliabilitas 0.916.

Hasil penelitian menunjukkam 1) Pengungkapan Diri Siswa melalui Facebook adalah Sedang sebanyak 36,25% 2) Pengungkapan Diri Siswi melalui Facebook adalah sedang dan tinggi karena memiliki jumlah sama banyak yaitu 32,5% 3) Ada perbedaan Tingkat Pengungkapan Diri antara Siswa Laki- laki dan Perempuan pada pengguna layanan  Internet Chatting melalui Facebook (t=-5.244;p=0,000