SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Konsep Diri dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas X dan Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Maarif Singosari Malang

Silvia Urdiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Urdiana, Silvia. 2010. Hubungan antara Konsep Diri dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas X dan Kelas XI MA Al-Maarif Singosari Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Adi Atmoko, M.Si, (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi

 

Kata Kunci : Konsep Diri, Keterampilan Komunikasi Interpersonal

 

Selama ini siswa menunjukkan keberagaman dalam menampilkan konsep dirinya. Dan setiap siswa memiliki tingkat keterampilan komunikasi interpersonal yang berbeda satu sama lain. Penelitian pada subjek 67 siswa kelas X dan kelas XI MA Al-Maarif Singosari Malang bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat konsep diri siswa, (2) tingkat keterampilan komunikasi interpersonal siswa, dan (3) hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Desain yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional dengan teknik pengambilan sampel proportional stratified random sampling. Konsep diri diukur dengan skala konsep diri, validitas item antara 0,295-0,610 dan reliabilitas 0,886. Keterampilan komunikasi interpersonal diukur dengan skala keterampilan komunikasi interpersonal, validitas item antara 0,289-0,527 dan reliabilitas 0,846. Perhitungan reliabilitas menggunakan formula reliabilitas internal Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X dan kelas XI MA Al-Maarif Singosari Malang ( = 0,549 sig = 0,000