SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa yang telah Mengikuti Program Pertukaran Pelajar SMAN di Kota Malang

Kholifatin R.E. Gitawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Gitawati, Kholifatin R E. 2010. Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa yang Telah Mengikuti Program Pertukaran Pelajar SMAN di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj.Sri Weni Utami, M.Si, (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi

 

Kata Kunci : Self Efficacy, Dukungan Sosial, Prestasi Belajar

 

Keberhasilan belajar ditentukan oleh faktor intern dan ekstern siswa. Konsep dari self efficacy yang menyatakan bahwa pelajar terlibat dalam suatu aktivitas yang sering dipengaruhi oleh faktor pribadi dan situasi.Disisi lain yang banyak mempengaruhi kegiatan belajar adalah lingkungan sosial itu sendiri seperti dukungan dari orang tua, guru dan masyarakat sekitar. 

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) self efficacy siswa yang telah mengikuti program pertukaran pelajar, (2) dukungan sosial siswa yang telah mengikuti program pertukaran pelajar, (3) prestasi belajar siswa yang telah mengikuti program pertukaran pelajar, (4) pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar siswa yang telah mengikuti program pertukaran pelajar, (5) pengaruh dukungan sosial terhadap prestasi belajar siswa yang telah mengikuti program pertukaran pelajar, (6) pengaruh self efficacy dan dukungan sosial terhadap prestasi belajar siswa yang telah mengikuti program pertukaran pelajar. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan subyek siswa SMAN 1 dan SMAN 3 Kota Malang, yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Self efficacy diukur dengan skala self efficacy, validitas item antara 0,460-0,740 dan reliabilitas 0,895 dan dukungan sosial diukur dengan skala dukungan sosial, validitas item antara 0,463-0,786 dan reliabilitas 0,955. Perhitungan reliabilitas menggunakan formula reliabilitas internal Alpha Cronbach.  Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 13 siswa(65%) termasuk dalam kategori self efficacy yang tinggi, dan 7 siswa (35%) termasuk rendah, sedangkan tingkat dukungan sosial sebesar 18 siswa(90%) termasuk kategori tinggi dan 2 siswa(10%) tergolong rendah. Sedangkan prestasi belajar siswa yang telah mengikuti program pertukaran pelajar sebesar 20 siswa (100%) termasuk dalam katagori tinggi. Hasil uji hipotesis 1 menunjukkan F sebesar 0,713; p = 0,410 > 0,05, maka hipotesis ditolak berarti tidak ada pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar. Hasil hipotesis 2 menunjukkan F sebesar 4,359; p = 0,51 > 0,05 maka hipotesis ditolak berarti tidak ada pengaruh dukungan sosial terhadap prestasi belajar. Hasil uji hipotesis 3 menunjukkan F sebesar 2,234; p = 0,138 > 0,05, maka hipotesis ditolak berarti tidak ada pengaruh self efficacy dan dukungan sosial dengan prestasi belajar siswa yang telah mengikuti program pertukaran pelajar. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi peneliti selanjutnya (1) diharapkan melakukan penelitian yang mempengaruhi berbagai macam faktor prestasi belajar selain mengidentifikasi variabel self efficacy dan dukungan sosial, (2) menggunakan istrumen yang beragam, dan (3) memperluas wilayah penelitian.