SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Metode Kata Kunci untuk Meningkatkan Memori Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak di TK Dharma Rini II Kota Pasuruan

Anindiyati Kusumawardhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumawardhani,  Anindiyati.  2010.  Efektivitas  Metode  Kata  Kunci  untuk Meningkatkan Memori Kosa Kata Bahasa  Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak di TK Dharma Rini II Kota Pasuruan. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling  dan  Psikologi,  Fakultas  Ilmu  Pendidikan, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing:  (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M. Si,  (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi, M.Psi

 

Kata kunci : memori, metode kata kunci, kosa kata bahasa Inggris, taman kanak-kanak

 

Bahasa  Inggris  telah  diberikan  kepada  siswa  taman  kanak-kanak  sebagai salah  satu  kegiatan  ekstrakurikuler.  Materi  yang  umumnya  diajarkan  adalah mengenai kosa kata (vocabulary). Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan  memori  siswa  terhadap  kosa  kata  bahasa  asing  adalah  melalui metode kata kunci. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode kata  kunci  untuk  meningkatkan  memori  kosa  kata  bahasa  Inggris  siswa  taman kanak-kanak di TK Dharma Rini II Kota Pasuruan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan post  test only control group design.

Penelitian  dilaksanakan  di  TK  Dharma  Rini  II  Kota  Pasuruan,  dengan menggunakan  20  siswa  sebagai  subyek  penelitian.  Subyek  penelitian  dibagi  ke dalam dua kelompok secara random, 10 subyek sebagai kelompok eksperimen dan 10 subyek sebagai kelompok kontrol. 

Penelitian  dilakukan  pada  tanggal  27  April  2010  sampai  19 Mei  2010. Data  dikumpulkan melalui  tes  kosa  kata  (post-test)  dan  observasi. Analisis  data menggunakan  analisis  perbedaan  melalui  uji  Mann-Whitney  (U)  dan  analisis dekkriptif.  Hasil  uji  Mann-Whitney  (U)  adalah  0,004