SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN MOTIVASI KERJA DITINJAU DARI GENDER PEMIMPIN PADA KARYAWAN PG SOEDHONO NGAWI DAN PG POERWODADIE MAGETAN

Yurika Indah Wardhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardhani, Yurika Indah. 2010. Perbedaan Motivasi Kerja Di Tinjau Dari Gender Pemimpin Pada Karyawan PG Soedhono Ngawi Dan PG Poerwodadie Magetan. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si Pembimbing (II) Hetti Rahmawati, S.Psi, M.Si.

 

Kata Kunci : motivasi kerja, Gender pemimpin perempuan, Gender pemimpin laki-laki

 

Isu gender semakin ramai dibicarakan, terutama di bidang industri, dimana terdapat perbedaan proporsi antara perempuan dan laki-laki dalam meniti karir pada jenjang manajer keatas di lingkungan Pabrik Gula. Dalam hal ini aspek yang paling berpengaruh dengan keadaan tersebut adalah motivasi kerja karyawan, karena motivasi kerja dengan pemimpin adalah dua hal yang saling berhubungan. Motivasi kerja adalah kekuatan (dorongan) yang ada dalam diri dan di luar

karyawan yang mengarahkan dan mempertahankan perilaku kerja dalam melaksanakan tugas-tugasnya yang mengarah kepada suatu tujuan kerja tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi kerja ditinjau dari gender pemimpin pada karyawan PG Soedhono Ngawi dan karyawan PG Poerwodadie Magetan.

 

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif, populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PG Soedhono dan PG Poerwodadie bagian SDM dan Umum yang berjumlah 137 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik proporsional random sampling sebanyak 60 karyawan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala motivasi kerja model Likert yang dikembangkan berdasarkan dari teori Victor Vroom menggunakan 72 aitem. Dari uji validitas menghasilkan aitem valid sebanyak 43, yakni 18 aitem favorable dan 25 aitem unfavorabel, dengan koefisien validitas rxy berkisar antara 0,367 sampai 0,882. Uji reliabilitas menghasilkan koefisien r= 0,957. Teknik analisis data menggunakan analisa deskriptif dan uji t-test independent sample.

 

Hasil penelitian adalah (1) secara umum motivasi kerja karyawan dengan gender pemimpin perempuan dalam klasifikasi sedang (2) secara umum motivasi kerja karyawan dengan pemimpin laki-laki dalam klasifikasi sedang (3) hasil analisis komparatif dengan menggunakan t-test independent sample diperoleh t=4,468 (p=0,000