SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Aktifitas Menggunakan Situs Jejaring Sosial Facebook dengan Relasi Interpersonal

Nur Azizah Rahmaniyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmaniyah, Nur Azizah. 2010. Hubungan Antara Aktivitas Menggunakan Situs Jejaring Sosial Facebook dengan Relasi Interpersonal. Program Studi Psikologi, Program Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Alwisol, M.Pd., (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi

Kata-kata kunci : aktifitas, situs jejaring sosial, facebook, topik-topik di facebok, relasi interpersonal.

 

Situs jejaring sosial facebook adalah salah satu jejaring sosial yang dapat membuat kecanduan bagi penggunanya sehingga dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, seperti terganggunya relasi interpersonalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara aktifitas menggunakan facebook dilihat dari frekuensi menggunakannya dan topik-topik yang ditulis di facebook dengan relasi interpersonal serta untuk mengetahui perbedaan relasi interpersonal pengguna facebook dan bukan pengguna facebook.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Responden sebanyak 600 orang pengguna facebook yang terdiri dari 100 orang mendapat angket langsung dan 500 orang langsung dari situs jejaring sosial facebook serta 100 orang bukan pengguna facebook. Teknik pengambilan sampel dengan cara Incidental Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket aktifitas menggunakan facebook dan topik-topik yang ditulis di facebook serta skala relasi interpersonal yang disusun berdasarkan teori dari Devito (2000), yang memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,822 dan koefisien validitas dengan rxy > r tabel yaitu 0,211. Data dianalisis menggunakan korelasi Product Moment.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara frekuensi aktifitas menggunakan faecbook dengan relasi interpersonal (r = -0,047, p = 0,641), tetapi terdapat hubungan antara frekuensi aktifitas menggunakan facebook kategori tinggi (≥ 2 jam dalam sehari) dengan relasi interpersonal (r = 0,839, p = 0,009). Hal ini berarti, pengguna facebook dengan frekuensi aktifitas menggunakan facebooknya yang tinggi, maka relasi interpersonalnya juga akan tinggi. Tidak terdapat hubungan antara topik-topik yang ditulis di facebook dengan relasi interpersonal dan terdapat perbedaan relasi interpersonal antara pengguna facebook dan bukan pengguna facebook dengan mean relasi interpersonal pengguna facebook lebih tinggi jika dibandingkan dengan mean relasi interpersonal bukan pengguna facebook, yaitu 111,99 > 109,36. Frekuensi aktifitas menggunakan facebook dan topik yang ditulis memiliki kontribusi yang kecil terhadap relasi interpersonal, yaitu hanya sebesar 1%.

Aktifitas menggunakan facebook tidak dapat dijadikan satu-satunya faktor terganggunya relasi interpersonal. Relasi interpersonal bukan pengguna facebook pun juga dapat terganggu. Hal ini kembali pada tiap-tiap individu itu sendiri dalam menggunakan facebook. Oleh karena itu, perlu dilakukan: (1) penggunaan facebook yang terkontrol dan tidak hanya melakukan komunikasi di facebook saja melainkan juga di lingkungan sekitar, (2) hendaknya penggunaan internet khususnya facebook digunakan hanya untuk hal-hal yang positif saja, (3) penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi relasi interpersonal.