SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Konseling Rational-Emotive Behavior Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa SMA

Diah Sri Wilujeng

Abstrak


v

Abstract

 

 Academic resilience is the ability of students to adapt and deal with difficulties, stresses and stress in the academic journey through. The phenomenon that occurs in  SMA Brawijaya Smart School, there are 64% of students from two classes who have low and medium academic resilience. This study uses a pretest and posttest design. Determination of research subjects is done by using quota sampling technique. The subjects of this study were 8 students of class XI  SMA Brawijaya Smart School. The data analysis technique used non-parametric statistical analysis techniques using the Wilcoxon Signed Rank Test. The purpose of this study is to examine the effectiveness of rational-emotive behavioral counseling to improve the academic resilience of high school students.

Keywords: Rational-Emotive Behavioral Counseling, Academic Resilience, High School Students

 

Abstrak

 

Resiliensi akademik adalah kemampuan siswa untuk beradaptasi dan menghadapi kesulitan, tekanan dan stres dalam perjalanan akademik yang dilaluinya. Fenomena yang terjadi di SMA Brawijaya Smart School, terdapat 64%  siswa dari dua kelas yang memiliki tingkat resiliensi akademik rendah dan sedang. Penelitian ini menggunakan desain pretest dan posttest. Penetuan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik quota sampling. Subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistic non-parametrik uji beda Wilcoxon Signed Rank Test. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling rational-emotive behavioral untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa SMA.

Kata kunci: Konseling Rational-Emotive Behavioral, Resiliensi Akademik, Siswa SMA